Dark/Light Mode

31,6 Persen Penduduk Diprediksi Bepergian Ke Luar Kota

Kominfo Gelar Sosialisasi Mudik Sehat Dan Aman

Jumat, 22 April 2022 20:23 WIB
Sosialisasi bertajuk Mudik Sehat dan Aman, Tetap Jaga Protokol Kesehatan, di Semarang, yang digelar Kementerian Kominfo. (Foto: Zoom)
Sosialisasi bertajuk Mudik Sehat dan Aman, Tetap Jaga Protokol Kesehatan, di Semarang, yang digelar Kementerian Kominfo. (Foto: Zoom)

 Sebelumnya 
"Konsep mudik sehat, mudik aman bertujuan agar masyarakat dapat memahami syarat perjalanan saat lebaran, tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan serta melakukan vaksinasi lengkap yaitu booster," tegasnya.

Kasubdit Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub Rudi Irawan mengungkapkan, untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus penyebaran Covid-19 pada mudik lebaran tahun 2022 nanti, pihaknya telah melakukan koordinasi serta sinergi dengan berbagai pihak, mulai dari TNI/Polri, pemerintah dan pelayanan kesehatan.

Baca juga : Tinjau Pelaksanaan 1 Juta Vaksinasi Booster, Kapolri Bicara Mudik Sehat Dan Nyaman

"Hampir semua stakeholder berperan pada mudik lebaran nanti. Agar aman, tertib, nyaman dan lancar tetap menerapkan protokol kesehatan. Kita harapkan masyarakat telah melakukan vaksin sampai dengan vaksin dosis ketiga," tutur Rudi.

Senada, Kabag Operasional Polrestabes Semarang Albertus Recky R mengatakan, pada operasi ketupat candi tahun 2022 nanti, pihaknya akan melakukan pada pengamanan arus mudik hingga arus balik.

Baca juga : Moeldoko Tegaskan Pemerintah Siap Berikan Layanan Mudik Aman

Operasi ketupat sendiri akan dilakukan dari tanggal 28 April hingga 9 Mei 2022. Menurutnya, Polrestabes Semarang akan mensiagakan 948 personel untuk membabtu kelancaran Operasi Ketupat Candi 2022.

"Di Semarang nanti ada 2 pos terpadu, di Tol Kalikangkung dan Simpang Lima, 7 pos pelayanan dan 5 pospam. Dan kita akan lakukan random sampling untuk swab antigen. Apabila reaktif akan kita bawa untuk isolasi mandiri," tandasnya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.