Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Menteri Johnny: Kominfo Bakal Jadikan IKN New Smart City

Sabtu, 23 April 2022 20:14 WIB
Menkominfo Johnny G. Plate saat diskusi tentang IKN secara virtual. (Foto : Kominfo)
Menkominfo Johnny G. Plate saat diskusi tentang IKN secara virtual. (Foto : Kominfo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Komunikasi dan Informatika mengambil langkah strategis mewujudkan Ibu Kota Nusantara sebagai new smart city dan wadah ekosistem super hub sebagai pusat teknologi digital tingkat global.

Menkominfo Johnny G. Plate menyatakan, upaya pembangunan smart city di IIKN ditargetkan akan memberikan dampak positif untuk tiga indikator utama kemajuan pembangunan ekosistem digital.

Baca juga : Menkominfo Tegaskan Pembangunan IKN Kikis Kesenjangan

“Pertama peringkat sangat tinggi dalam indeks pengembangan pemerintahan digital atau e-government development indeks dari United Nation. Kedua, tingkat konektivitas digital dan TIK yang mencapai 100% untuk semua penduduk dan bisnis, dan ketiga tingkat kepuasan berbisnis atau business satisfaction bidang layanan digital yang mencapai 75% atau lebih,” jelasnya dalam Digitalk – Peluang Digital di Ibukota Nusantara, secara virtual dari Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (23/04/2022).

Menteri Johnny menyatakan dengan tercapainya tiga target tersebut, smart city IKN akan menjadi kota cerdas yang nyaman, efisien dan modern yang dapat menjadi kota dunia untuk semua.

Baca juga : Menteri Johnny Dorong Sinergi Kembangkan Digitalisasi UMKM

Menurut Menkominfo  langkah strategis yang tengah ditempuh saat ini dengan memperkuat jaringan kabel serat optik Palapa Ring eksisting di wilayah IKN dengan penambahan jaringan Palapa Ring integrasi. Hal itu ditujukan untuk meningkatkan utilisasi dan resiliensi jaringan tulang punggung konektivitas secara nasional.

“Kementerian Kominfo juga membangun infrastruktur TIK di kawasan IKN dengan berorientasi kepada jaringan 5G dan beyond. Saat ini, 4G adalah backbone telekomunikasi nasional kita, namun untuk IKN kita berorientasi pada jaringan 5G dan beyond serta semua persiapannya menuju ke sana,” jelasnya.

Baca juga : Keren, Ikon Baru Jakarta Bakal Dijadikan Tempat Shalat Idul Fitri

Menurut Menteri Johnny, Kementerian Kominfo juga menyiapkan infrastruktur digital agar memungkinkan penggunaan teknologi baru dan mutakhir seperti autonomous vehicles, internet of things, dan big data dapat berjalan secara simultan dan kontinu. 

“Kami juga sedang mempersiapkan spektrum frekuensi dan bandwidth yang memungkinkan untuk layanan 5G dan beyond dapat berlangsung dengan baik IKN, nantinya di semua level band baik low band, coverage band serta high dan super high band,” tuturnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.