Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Keren, Ikon Baru Jakarta Bakal Dijadikan Tempat Shalat Idul Fitri

Senin, 4 April 2022 01:07 WIB
Jakarta International Stadium (JIS) (Foto:net)
Jakarta International Stadium (JIS) (Foto:net)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebagai ikon baru DKI Jakarta, Jakarta International Stadium (JIS) bakal dijadikan tempat untuk Shalat pertama Idul Fitri 1443 Hijriah. Tujuannya, agar masyarakat ikut menikmati kebersamaan sekaligus mengenal salah satu ikon baru di Ibu Kota itu.

"Ada beragam kegiatan dengan tema Ramadan di Jakarta #RayakanKebersamaan. Itu salah satunya," kata Kepala Biro Pendidikan Mental dan Spiritual (Dikmental) DKI Jakarta, Gunas Mahdianto dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (3/4).

Baca juga : Telkomsel Ramal Trafik Data Saat Ramadan Dan Idul Fitri Naik 9,4 Persen

Namun, ia belum memberikan rincian apakah Shalat Id tersebut akan dilakukan di dalam stadion utama atau di luar stadion utama. Selain menjadi lokasi Shalat Id, Pemprov DKI juga berencana mengadakan Festival Malam Takbiran di JIS pada malam Lebaran. Kedua agenda itu merupakan bagian kegiatan yang direncanakan Pemprov DKI menyambut  Ramadan dan Idul Fitri 1443 Hijriah. 

Sebagai informasi, Pemprov DKI sudah memiliki sejumlah agenda menyambut Ramadan yakni munggahan Ramadan dengan para pimpinan lembaga dan organisasi masyarakat Islam pada 1 April 2022. Kemudian, ornamen Ramadan dengan menghias ruang publik, seperti logo, umbul-umbul, dekorasi khusus Ramadhan di Jakarta yang berkolaborasi dengan swasta.

Baca juga : Wapres Ajak Masyarakat Bertani Pakai Konsep Integrated Farming

Ornamen bertemakan Ramadan dari 26 Maret-1 Mei 2022 dan ornamen bertemakan Idul Fitri dari 1 Mei-14 Mei 2022 di lima wilayah kota administrasi. Kemudian, Ramadan Market dan Jazz Festival dalam bentuk bazar untuk menggairahkan aktivitas ekonomi UMKM, serta penampilan musik dan dakwah di Lapangan Banteng pada 11-24 April 2022.

Agenda selanjutnya, Ramadan Market Festival di setiap kelurahan dengan menyajikan makanan buka puasa dan produksi usaha mikro kecil.Selain itu, wisata religi spesial Ramadan, dengan melibatkan konten kreator agar publik secara luas dapat merasakan keberadaan peradaban Islam di Jakarta.

Baca juga : Jokowi: Banyak Pekerjaan Bakal Terdisrupsi, Harus Cepat Diantisipasi

Selanjutnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dijadwalkan mengunjungi masjid/pondok pesantren di sejumlah lokasi, hingga kegiatan 30 hari khatam Al Quran selama Ramadan. Kemudian, berbagi hidangan buka puasa setiap hari minimal 50 ribu bungkus yang dibagikan ke masjid, mushalla, halte TransJakarta dan ruang publik lainnya, pada 2 April-1 Mei 2022. Sementara Duta Imam Shalat Tarawih, yang mengutus 200 orang terbaik dan telah diseleksi untuk menjadi Imam Shalat Tarawih di masjid pilihan pada 2 April-1 Mei 2022. [DRS]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.