Dewan Pers

Dark/Light Mode

Tinjau Pasar Trisi Indramayu, Kementan Pastikan Stok 12 Bahan Pangan Pokok Aman

Minggu, 24 April 2022 15:12 WIB
Jajaran Kementan saat memantau bahan pokok di Pasar Trisi, Indramayu, Minggu (24/4)/Ist
Jajaran Kementan saat memantau bahan pokok di Pasar Trisi, Indramayu, Minggu (24/4)/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Pertanian (Kementan) turun langsung ke lapangan, untuk memastikan bahan pangan tetap tersedia, khususnya selama Ramadan hingga Idul Fitri 1443 H. Pemantauan ketersediaan stok 12 bahan pangan pokok di pasaran salah satunya dilakukan di Pasar Trisi, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Minggu (24/4).

Bahan pokok yang dipantau meliputi 12 komoditas seperti beras, jagung, kedelai, bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, cabai rawit merah, daging sapi, daging ayam ras, telur ayam ras, gula konsumsi dan minyak goreng dan lainnya.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, untuk memantau ketersediaan pangan perlu dilakukan pengawalan dan monitoring di masing-masing provinsi. Tim monitoring pun dibentuk agar pengawasan tersebut lebih maksimal.

"Tim Pengawalan dan Monitoring mempunyai tugas melakukan pengawalan, koordinasi dan monitoring terhadap kepastian ketersediaan dan harga bahan pokok. Khususnya dalam menghadapi hari besar keagamaan nasional bulan suci Ramadan dan hari raya Idul Fitri 1443 H," ujar Mentan SYL.

Berita Terkait : Turun Ke Lapangan, Kementan Pastikan Ketersediaan Bahan Pangan Pokok Di Kalbar Stabil

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan Ali Jamil menjelaskan, peninjauan ini dilakukan untuk memastikan ketersediaan pangan dan harga di Kabupaten Purwakarta.

"Dari hasil peninjauan ke Pasar Trisi ini, dapat kita pastikan bahwa ketersediaan dan harga 12 bahan pangan pokok itu aman dan terkendali," kata Ali.

Ali menjelaskan, bahan pangan pokok sangat dibutuhkan masyarakat selama Ramadan dan pada saat Hari Raya Idul Fitri nanti. 

Karena itu, Ali minta jajarannya bekerja efektif untuk memastikan bahan pokok tersedia di masyarakat.

Berita Terkait : Tim Kementan Keliling Pasar Di Aceh Pantau Stabilitas Pangan

"Kami memastikan akan terus berproduksi untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat. Karena itu, petani kita terus turun ke lapangan, penyuluh pun turun ke lapangan untuk memastikan produksi pertanian tidak terganggu," katanya.

Direktur Pembiayaan Pertanian Ditjen PSP Kementan Indah Megahwati menuturkan, dari pantauan yang dilakukan, ketersediaan bahan pangan pokok di Indramayu dalam kondisi aman. 

“Berdasarkan pantauan di pasar, ketersediaan dan harga 12 bahan pangan pokok dalam kondisi aman dan tersedia dengan baik," kata Indah.

Indah mengimbau kepada warga Indramayu tak perlu khawatir terkait ketersediaan 12 bahan pangan pokok. 

Berita Terkait : Kementan Jamin Stabilitas Ketersediaan Dan Harga Bahan Pangan Pokok Di Bengkulu

“Kami pastikan stoknya tersedia hingga Hari Raya Idul Fitri. Ketersediaannya sangat cukup dan masyarakat tak perlu risau," kata Indah.

Mukhlis, seorang pedagang di Pasar Trisi menuturkan, sejauh ini tak ada kendala berarti dalam hal pasokan 12 bahan pangan pokok.

Pasokan masih lancar dan harga pun terbilang stabil. "Untuk pasokan tak ada masalah. Harganya tidak terjadi kenaikan berlebihan," ujar Mukhlis. [WHY]