Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Yaqut Tinjau Dan Tes Fasilitas Jemaah Haji Di Mekah

Jumat, 20 Mei 2022 17:37 WIB
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (berbatik) meninjau sejumlah fasilitas untuk jemaah haji Indonesia di Mekah, Jumat (20/5). (Foto: Kemenag)
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (berbatik) meninjau sejumlah fasilitas untuk jemaah haji Indonesia di Mekah, Jumat (20/5). (Foto: Kemenag)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas meninjau kesiapan akomodasi, konsumsi, dan transportasi yang akan diberikan kepada jemaah haji Indonesia, di Mekah, Jumat (20/5). Untuk memastikan kualitas layanan, Yaqut mencoba sejumlah sarana prasarana yang tersedia di hotel, termasuk mengemudikan salah satu bus antar kota yang akan menjadi sarana transportasi jemaah haji Indonesia.

Ada dua hotel di wilayah yang berbeda yang ditinjau Yaqut. Pertama, Hotel Al Khulafaa-3, di Syisyah dengan kapasitas 800 jemaah. Kedua, Hotel Tharawat Al-Rawda, di Raudhah 1 dengan kapasitas 499 jemaah.

"Hari ini saya meninjau hotel yang akan digunakan jemaah saat di Mekah. Saya pastikan kapasitas hotel memadai dan fasilitasnya sesuai standar kontrak. Saya lihat hotelnya bagus,” ujar Yaqut, seperti keterangan yang diterima RM.id, Jumat (20/5).

Baca juga : BP2MI Minta Kemenaker Tegas Berantas Mafia Pahlawan Devisa

“Saya coba lift hotel, memastikan berfungsi dengan baik, meski dalam dua tahun jarang dipakai. Kamar mandi, mesin cuci, dan ketersediaan air minum di setiap lantai juga dicek. Termasuk fasilitas tempat shalat dan tempat makan,” sambungnya.

Kepada pihak hotel, Yaqut meminta agar senantiasa menjaga kebersihan serta memperhatikan keamanan dan kenyamanan jemaah haji. Apalagi, durasi jemaah haji tinggal pada hotel di Mekah cukup lama, sampai 25 hari.

Selain hotel, Yaqut juga meninjau layanan transportasi di Terminal Ajyad. Lokasi terminal ini melayani rute Misfalah-Jiyad. Di sana, Yaqut mengecek kesiapan bus antar kota dan Bus Shalawat.

Baca juga : Ini Fasilitas Yang Ada Di xEV Center Toyota

“Saya tadi sempat juga mencoba mengemudikan salah satu bus antar kota. Busnya masih sangat bagus. Rata-rata keluaran baru, umur pembuatan kurang dari lima tahun dan tampak terawat dengan baik,” lanjutnya.

“Saya juga minta penyedia layanan transportasi agar memerhatikan AC kendaraan tetap dingin. Supaya jemaah tidak kepanasan, mengingat musim haji diperkirakan bersamaan dengan musim panas,” sambungnya.

Terakhir, Yaqut meninjau kesiapan layanan katering. Dia mendatangi Dapur Al Jauhara di wilayah Mekah. Yaqut fokus memastikan kapasitas dapur, sanitasi, sarana memasak yang digunakan, serta proses penyimpanan bahan makanan.

Baca juga : Toyota Luncurkan Fasilitas Pengembangan Dan Pembelajaran Mobil Listrik

“Saya menekankan kepada penyedia layanan katering agar menu dan citarasa makanan jemaah Indonesia memiliki citarasa nusantara. Pihak katering juga harus memastikan distribusi makanan tepat waktu, tidak terlambat,” jelasnya.

“Alhamdulillah, secara umum sudah siap dan sesuai dengan standar yang diharapkan. Kami akan terus berusaha untuk bisa memberikan layanan terbaik kepada jemaah haji Indonesia,” tandasnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.