Dark/Light Mode

Menko Polhukam Hadiri Pelantikan Presiden Timor Leste

Jumat, 20 Mei 2022 20:36 WIB
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD bersama Presiden Timor Leste Ramos Horta, di Dili, Timor Leste, Kamis (19/5) malam. (Foto: Menko Polhukam)
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD bersama Presiden Timor Leste Ramos Horta, di Dili, Timor Leste, Kamis (19/5) malam. (Foto: Menko Polhukam)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, menghadiri pelantikan Presiden Timor Leste Ramos Horta, di Dili, Timor Leste, Kamis (19/5) malam.

Mahfud hadir sebagai Utusan Khusus Presiden RI untuk acara pelantikan Presiden Timor Leste dan perayaan ke-20 tahun kemerdekaan Timor Leste.

Baca juga : Embung Dongkrak Produktivitas Pertanian Petani Lebak

"Kehadiran Indonesia memenuhi undangan yang disampaikan Pemerintah Timor Leste, adalah wujud kesiapan Indonesia sebagai negara tetangga terdekat untuk melakukan kerja sama yang saling menguntungkan dengan Timor Leste," tutur Mahfud.

Upacara pelantikan dilakukan dalam sesi khusus Parlemen Nasional Timor dengan dihadiri para undangan dari berbagai negara. Uniknya adalah pelantikan dilakukan menjelang tengah malam.

Baca juga : Politisi PKB: Pergantian Menteri Sepenuhnya Hak Presiden

Bagi Ramos Horta sendiri, jabatan presiden ini adalah yang kedua. Jabatan pertama disandangnya di tahun 2007-2012. Tiga orang lain yg pernah menjabat presiden Timor Leste adalah Xanana Gusmao (2002-2007), Taur Matan Ruak (2012-2017), dan Francisco Guterres Lu Olo (2017-2022). ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.