Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bamsoet Beri Selamat Ke Yoon Suk-yeol Yang Dilantik Jadi Presiden Korsel

Selasa, 10 Mei 2022 22:37 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo (Foto: Dok. MPR)
Ketua MPR Bambang Soesatyo (Foto: Dok. MPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR Bambang Soesatyo mengucapkan selamat atas pelantikan Presiden Korea Selatan (Korsel) Yoon Suk-yeol dari Partai Kekuatan Rakyat (PPP) yang berjalan lancar, di Plaza depan Gedung Parlemen Korea, di Seoul, Korsel, Selasa (10/5). Yoon Suk-yeol dilantik menggantikan Moon Jae-in.

Pelantikan ini dihadiri Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Presiden Republik Singapura Halimah Yacob, Presiden Afrika Tengah Faustin Archange Touadera, Wakil Presiden China Wang Qishan. Hadir pula Ketua Senat Kanada George J Furey dan Menteri Luar Negeri Jepang Hayashi Yoshimasa.

Baca juga : Pedekate Ke Korsel, China Kirim Wapres Hadiri Pelantikan Presiden Baru

"Kita berharap, di bawah kepemimpinan Mr Yoon Suk-yeol sebagai Presiden ke-20 Korsel, hubungan baik Indonesia-Korsel, yang sudah berjalan baik sejak 1968, bisa tetap dipertahankan dan ditingkatkan. Terutama sejak ditandatanganinya Joint Declaration on Strategic Partnership to Promote Friendship and Cooperation in the 21st Century oleh kedua Kepala Negara pada 4 Desember 2006. Kemitraan ini kemudian ditingkatkan oleh Presiden Joko Widodo dan Presiden Korea pada saat itu, Mr Moon Jae-in, menjadi Special Strategic Partnership pada 9 November 2017," ujar Bamsoet, sapaan akrab Bambang, dari Seoul, Korsel, Selasa (10/5).

Ketua DPR ke-20 ini menjelaskan, selain kerja sama ekonomi, Indonesia-Korsel juga telah membangun kemitraan strategis dalam bidang pertahanan. Khususnya setelah ditandatanganinya Agreement Between the Government of the Republic of Korea and the Government of the Republic of Indonesia on Cooperation in the Field of Defense. Kedua negara telah memiliki kerja sama dalam beberapa proyek pengadaan Alat Utama Sistem Pertahanan (Alutsista) dari Korsel, seperti kapal selam, pesawat latih, kendaraan tempur dan pengembangan bersama pesawat tempur KF-X/IF-X.

Baca juga : Tebar Baliho Di Sejumlah Kota, BP2M Suarakan Mbak Puan Jadi Presiden

"Indonesia dan Korsel juga telah meresmikan Kapal Selam KRI Alugoro 405 di Surabaya pada 11 April 2019 yang merupakan hasil kolaborasi PT PAL dengan DSME sebagai kapal ketiga hasil kerja sama Joint Venture Kapal Selam Batch ke-1 RI-Korsel," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini juga mengapresiasi pidato Presiden Yoon Suk-yeol, mantan Jaksa Agung periode 2019-2021, yang dalam pelantikannya menekankan bahwa pintu dialog dengan Korea Utara akan selalu terbuka. Sehingga program senjata nuklir Korea Utara yang merupakan sebuah ancaman tidak hanya bagi keamanan Korsel dan Asia Timur Laut serta dunia pada umumnya, bisa diselesaikan secara damai.

Baca juga : Loyalitas Politisi Demokrat Irfan Suryanagara Diapresiasi AHY

"Sebagai pemegang mandat presidensi G20, Indonesia berkepentingan untuk menyerukan dan mengupayakan perdamaian dunia. Jangan ada lagi perang yang bisa menyebabkan ketegangan dunia, sebagaimana terjadi pada perang Rusia-Ukraina, yang dampaknya tidak hanya dirasakan kedua negara melainkan juga dirasakan oleh berbagai negara dunia. Kita berharap, agar kondisi Asia yang aman dan damai bisa tetap terjaga dengan baik. Karenanya, upaya unifikasi Korea harus senantiasa didukung," pungkas Bamsoet. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.