Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kementan Perketat Pengawasan Keluar Masuk Hewan

Minggu, 22 Mei 2022 10:17 WIB
Mentan Syahrul Yasin Limpo menyaksikan proses pengawasan lalu lintas keluar masuk hewan di Pelabuhan Merak, Cilegon, Sabtu (21/5)/Ist
Mentan Syahrul Yasin Limpo menyaksikan proses pengawasan lalu lintas keluar masuk hewan di Pelabuhan Merak, Cilegon, Sabtu (21/5)/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Pertanian (Kementan) secara aktif terus melakukan pengawasan lalu lintas hewan yang masuk maupun keluar melalui pintu-pintu pelabuhan. Salah satunya di pelabuhan Merak Cilegon, Banten.

Di sana, Badan Karantina Pertanian besama Polri melakukan pengecekan terhadap semua hewan baik yang datang dari Pulau Sumatera maupun yang keluar dari Pulau Jawa.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) memastikan, pengawasan yang dilakukan sudah berjalan dengan baik. Bahkan fungsi teknis yang lainnya sudah berjalan sesuai Standard Operating Procedure (SOP).

"Di Cilegon kita bisa melihat adanya aplikasi digital untuk mempermudah proses. Tempat ini juga melakukan pemeriksaan maksimal yang dibantu dokter hewan, sehingga tidak boleh ada kontaminasi dari PMK yang bisa kita abaikan. Bahkan sample darah dan pemeriksaan lab bisa kita maksimalkan di tempat ini," jelas SYL.

Baca juga : Penumpang Transjakarta Tetap Wajib Masker

Pemeriksaan berikutnya, kata SYL, semua hewan yang masuk ke Pulau Jawa harus melalui pemeriksaan, semua mobil yang mengangkut hewan terlebih dulu dilakukan desinfeksi. Kalaupun ada hewan yang bermasalah makan, Kementan telah menyiapkan tempat instalasi karantina hewan.

"Saya yakin menghadapi Idul Adha akan lebih ketat lagi, tetapi tidak membuat tambah ribet dah susah. Tetapi sampai dengan instalasi karantina untuk menyembuhkan kita memiliki back up cukup. Saat ini, karantina seluruh Indonesia siaga 1 sampai 14 hari untuk memutus virus yang bisa berkembang lebih jauh," katanya.

SYL menjelaskan, semua upaya yang dilakukan sejauh ini telah memberikan dampak positif terhadap perkembangan hewan.

Menurutnya, hewan yang tadinya terkonfirmasi positif kini dinyatakan negatif setelah melalui proses dan uji tim medis beranggotakan dokter hewan.

Baca juga : BP Jamsostek Sabet Juara 3 Lembaga Dengan Pengawasan Kearsipan Terbaik

"Saya ingin melaporkan teman-teman media, sekarang PMK yang ada di seluruh Indonesia cenderung sembuh. Kesembuhannya maksimal bahkan akhir-akhir ini kita tidak mendengar kematian,” katanya.

Oleh karena itu, daerah merah akan mendapatkan protokol yang sangat ketat dan lalu lintas hewan tidak boleh masuk atau keluar. Orang juga tidak bebas masuk keluar sampai inkubasi virus dicabut kembali.

Wakil Wali Kota Cilegon Sanuji Pentamarta mengapresiasi langkah cepat Kementan menangani Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), sehingga wabah tersebut bisa ditangani secara cepet dan tepat. Baginya, upaya tersebut mampu mengembalikan kepercayaan masyarakat terkait konsumsi daging hewan.

Sanuji menegaskan, PMK bisa ditangani, bisa disembuhkan dan aman baik masyarakat maupun pedagang. Kita menyambut Idul Adha dengan aman menyembelih hewan kurban dan bisa dipertahankan di Cilegon. 

Baca juga : AMTI: Kebangkitan Ekosistem Pertembakauan Butuh Perlindungan Dan Kepastian Hukum

“Kita support karantina untuk memeriksa distribusi hewan Jawa dan Sumatera. Saya juga berharap masyarakat tidak panik karena pemerintah terus bekerja," ujarnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.