Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jalur KA Maros-Barru Siap Layani Penumpang Pada Oktober 2022

Senin, 30 Mei 2022 17:04 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi meninjau proyek pembangunan KA Makassar.
Menhub Budi Karya Sumadi meninjau proyek pembangunan KA Makassar.

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah terus mempercepat pekerjaan pembangunan jalur kereta api Makassar–Parepare yang merupakan salah satu  Proyek Strategis Nasional (PSN) di Sulawesi Selatan (Sulsel). 

Target pertama yang akan diselesaikan, yaitu jalur KA Maros – Barru sepanjang kurang lebih 71 kilometer.  Jalur yang dilalui delapan stasiun tersebut, ditargetkan sudah dapat beroperasi melayani angkutan KA penumpang perintis pada Oktober 2022, dengan tujuan Stasiun Maros ke Stasiun Barru (PP).

“Setelah dua tahun pandemi, ternyata perkembangan dari pembangunan proyek ini sangat signifikan. Direncanakan bulan Oktober keretanya akan mulai beroperasi,” ujar Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, dikutip dari laman resmi Kemenhub, Senin (30/5).

Baca juga : Menhub Targetkan Jalur Maros-Barru Beroperasi Oktober 2022

Selain sebagai angkutan penumpang perintis, kereta ini juga akan difungsikan sebagai kereta wisata menuju sejumlah objek wisata di Sulsel yang potensial, seperti di daerah Kabupaten Barru dan desa wisata Rammang-rammang.

“Saya mendorong Pemda bersama stakeholder pariwisata mengembangkan wisata di sini, mulai dari kulinernya, juga pemandangan gunung, sawah, dan laut yang indah,” ucap Menhub.

Penyelesaian jalur Maros–Barru merupakan satu dari tiga target utama proyek pembangunan jalur KA Makassar–Parepare. 

Baca juga : Bertemu Wali Nanggroe, Ketua Majelis Syura PKS Siap Perjuangkan Perpanjangan Dana Otsus Aceh

Target kedua yaitu jalur KA yang menghubungkan ke Pelabuhan Garongkong dan pabrik Semen Tonasa (Maros-Pangkep-Barru) untuk melayani angkutan KA logistik, serta perpanjangan jalur KA dari Stasiun Maros ke Stasiun Mandai, yang ditargetkan selesai pada Maret 2023.

KA logistik/barang ini dibutuhkan untuk mengangkut komoditas, seperti batu bara, semen, dan lainnya menuju ke Pelabuhan Garongkong. 

Menhub mengharapkan, dengan kolaborasi KA penumpang dan barang ini diharapkan jalur ini akan produktif dan mampu menumbuhkan titik-titik ekonomi baru di daerah Sulsel.

Baca juga : Jalan Tol Serang-Panimbang Ditargetkan Beroperasi Di 2024

Selanjutnya, target ketiga yaitu melanjutkan pembangunan jalur KA dari Stasiun Barru ke Stasiun Pallanro, sehingga nantinya jalur KA ini bertambah menjadi sepanjang kurang lebih 110 kilometer, yang membentang dari Stasiun Mandai (Makassar) sampai ke Stasiun Pallanro. Jalur ini ditargetkan akan beroperasi pada triwulan II tahun 2024.■
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.