Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bertemu Wali Nanggroe, Ketua Majelis Syura PKS Siap Perjuangkan Perpanjangan Dana Otsus Aceh

Jumat, 27 Mei 2022 00:46 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Majelis Syura PKS Dr Salim Segaf Al-Jufri memastikan, partainya siap memperjuangkan dana Otonomi Khusus (Otsus) untuk Aceh agar tidak berakhir pada tahun 2027.

PKS melalui perwakilannya di parlemen akan mendesak Pemerintah Pusat agar dana Otsus untuk Aceh terus diberikan tanpa batas waktu. Juga, tidak menguranginya.

Hal itu disampaikan Salim di sela-sela silaturahmi dengan Wali Nanggroe Aceh Malik Mahmud Al-Haytar, di Meuligoe Wali Nanggroe, Kamis (26/5).

Baca juga : Ketemu Presiden Majelis Umum PBB, Puan Singgung UU TPKS Dukungan Bagi Perlindungan Perempuan

Salim mengatakan, jasa masyarakat Aceh untuk Indonesia tidak bisa dinilai dengan uang. Sejarah sudah membuktikan bahwa masyarakat Aceh berkontribusi luar biasa untuk NKRI sejak zaman kemerdekaan.

"Kita berharap selamanya berlaku (dana Otsus) untuk Aceh. Juga tidak menguranginya menjadi satu persen. Karena jika nanti masyarakat Aceh sudah sejahtera, mereka juga akan memberikan kontribusi lagi untuk negara yang kita cintai ini. Cinta masyarakat Aceh untuk NKRI luar biasa dan menjadi teladan bagi daerah-daerah lain," ujar Menteri Sosial periode 2009-2014 tersebut.

Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Juwaini yang turut mendampingi Salim menyambut pernyataan Ketua Majelis Syura itu. Dia memastikan, akan menindaklanjutinya di DPR RI.

Baca juga : Ribuan Warga Sumsel Siap Menangkan Ganjar Pranowo Di Pilpres 2024

"Sebagai Ketua Fraksi tidak ada kata lain kecuali melaksanakan apa yang beliau perintahkan terkait dana otsus harus kita perjuangkan. Karena Aceh ada di sini (sambil menunjuk hati)," ungkap Jazuli.

Anggota Komisi I DPR ini akan mengajak Anggota DPR Dapil Aceh Nasir Jamil dan Rafli untuk menemui atau berkirim surat resmi ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani.

"Saya akan memerintahkan anggota Fraksi PKS di Banggar dan melobi anggota-anggota Banggar dari fraksi lain untuk memperjuangkan dana otsus tetap berlaku selamanya sebagai konsekuensi status otonomi khusus," tandasnya. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.