Dark/Light Mode

Wapres Absen Di Pelantikan Menteri Baru, Ternyata Ini Alasannya

Rabu, 15 Juni 2022 16:05 WIB
Wapres KH Ma`ruf Amin saat membuka Kongres Halal di Bangka Belitung (Foto: Instagram/wapresri.go.id)
Wapres KH Ma`ruf Amin saat membuka Kongres Halal di Bangka Belitung (Foto: Instagram/wapresri.go.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi resmi melantik dua menteri dan tiga wakil menteri (wamen) baru hasil reshuffle Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/6). Dua orang yang dilantik jadi menteri adalah Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan dan mantan Panglima TNI Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Sementara, tiga wakil menteri yang dilantik yakni Sekretaris Dewan Pembina PSI Raja Juli Antoni sebagai Wamen ATR/Wakil Kepala BPN, John Wampi Watipo sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri), dan Sekjen PBB Afriansyah Noor sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker).

Baca juga : Dini Hari Nanti Lawan Nepal, Skuad Garuda Dilarang Imbang

Di pelantikan ini, tidak nampak Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin. Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menjadi orang nomor dua setelah Jokowi yang memberikan selamat kepada Zulkifli Hasan.

Lantas, di mana Kiai Ma'ruf? Juru Bicara Wakil Presiden, Masduki Baidlowi, mengatakan Kiai Ma'ruf sedang berada di luar kota menggantikan tugas Jokowi. "Kemarin di Bangka Belitung membuka Kongres Halal Internasional 2022, sekarang di Jambi untuk meninjau Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ma’arif Jambi, dan menyerahkan bantuan," kata Cak Duki, saat dikonfirmasi RM.id, Rabu (15/6).

Baca juga : DAMRI Mulai Beroperasi Di Kota Pontianak, Ini Jadwal Dan Tarifnya

Dia menjelaskan, seharusnya rangkaian kunjungan kerja tersebut dilakukan Jokowi. Namun, karena Jokowi berhalangan, Kiai Ma'ruf didelegasikan untuk menggantikan. "Yang diundang Pak Presiden tapi kemudian Pak Presiden nggak bisa, kemudian Pak Wapres yang hadir," ucapnya.

Cak Duki menegaskan, ketidakhadiran Kiai Ma'ruf bukan berarti kocok ulang kabinet tanpa sepengetahuan mantan Ketua Umum MUI itu. "Sudah ada koordinasi dengan baik pelantikan ini antara Presiden dan Wapres. Semuanya tidak ada masalah, karena sudah koordinasi. Jadi, kementerian kerja, menteri bekerja, semuanya berjalan baik dengan berkoodinasi dengan Presiden," papar dia.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.