Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sandi Gandeng Mitra Strategis Untuk Kembangkan Desa Wisata

Selasa, 5 Juli 2022 21:45 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno (kiri). (Foto: Kemenparekraf)
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno (kiri). (Foto: Kemenparekraf)

RM.id  Rakyat Merdeka - Puncak Widosari terkenal dengan pemandangan yang indah. Batu besar di atas bukit menjadi ikon. Tempat ini pun telah ditetapkan sebagai warisan geoheritage oleh pemerintah pada 2021 dari 20 situs geologi (Geosite) yang ada di Yogyakarta.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengunjungi destinasi wisata tersebut. Tepatnya ke Desa Widosari. Desa tersebut termasuk ke dalam 50 desa wisata terbaik dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Itu merupakan program unggulan Kemenparekraf sebagai penggerak kebangkitan pertumbuhan ekonomi dan pengembangan pariwisata Indonesia.

Desa Wisata Widosari telah memenuhi standar penilaian tim juri ADWI 2022 yang terdiri dari tujuh kategori. Sandi, yang ditemani Pj Bupati Kulon Progo Tri Saktiyana, mengapresiasi prestasi Kabupaten Kulon Progo yang dua tahun berturut-turut wilayahnya masuk 50 desa wisata terbaik Kemenparekraf.

Baca juga : Anies Gandeng Milenial Bikin Kebijakan Publik

“Ini adalah bagian dari kabupaten yang back to back. Tahun lalu dapat, tahun ini dapat. Jarang sekali dari 514 kabupaten. Selamat kepada Kulon Progo dan Daerah Istimewa Yogyakarta,” kata Sandi, disambut riuh tepuk tangan masyarakat, seperti keterangan yang diterima redaksi, Selasa (5/7).

Selain itu, Sandi mengungkapkan, kolaborasi antara Kemenparekraf dengan Astra dan mitra strategis lain dalam membangun desa wisata berdampak banyak terhadap kebangkitan ekonomi masyarakat pasca pandemi. ”Januari akan ada ASEAN Tourism Forum di Yogyakarta. Dan kita akan gelorakan desa-desa wisata sekeliling Yogyakarta ini, untuk menjadi tujuan travel plan dari para delegasi di 10 negara ASEAN yang akan hadir di Yogyakarta, termasuk juga di Desa Wisata Widosari,” terang Sandi.

Desa Widosari berada di Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, DIY. Terletak di perbukitan menoreh dengan ketinggian sekitar 900 Mdpl, dan jarak tempuh 36 km atau 1 jam 15 menit dari Kota Yogyakarta. Puncak Widosari merupakan objek wisata yang terkenal. Itu merupakan titik tertinggi dari bukit bernama Bukit Widosari yang merupakan gugusan Pegunungan Menoreh. Bukit tersebut menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan dengan ikon batu besar di atas bukit.

Baca juga : Kapolri: Pelestarian Budaya, Sekaligus Untuk Dekat Dengan Masyarakat

Selain itu, pelancong juga dapat menikmati kesejukan perkebunan teh seluas satu hektar yang berada di Padukuhan Tritis. Untuk menyusuri kebun teh telah disediakan jalan setapak di hamparan terasering yang tersusun rapi dengan tinggi yang sama di tiap lariknya. Pemandangan Pegunungan Menoreh yang indah inilah menjadi spot favorit pengunjung yang gemar berswafoto.

Kemudian, wisatawan dapat berkunjung ke Rajendra Farm atau Kampung Domba. Di sana, sebuah peternakan domba terpadu menyajikan kegiatan edukasi ternak, kuliner berbasis domba/kambing dan menyediakan fasilitas lengkap bagi pecinta alam yang mau berkemah, ataupun outbound. Tidak kalah epik, wisatawan juga dapat menikmati sunrise di Puncak Proman. Itu merupakan objek wisata yang menampilkan pemandangan alam di kala matahari terbit dengan jajaran gunung-gunung besar seperti Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merapi, dan Gunung Merbabu.

Wisatawan juga dapat berburu oleh-oleh seperti Teh Sangrai Widosari, Kopi, Enting-enting Jahe, Geblek, Gula Aren, batik tulis, batik cap, batik gradasi, sandal dari cip jagung, kentongan ukir, topeng kayu, hingga wayang kulit. Di sini, pelancong juga dapat bermalam di Rumah Joglo. Destinasi Desa Wisata Widosari sendiri telah memenangkan penghargaan homestay terbaik di DIY.

Baca juga : Promo Hari Gajian, Pertamina Gelar Diskon Untuk Pembeli Oli

Sandi pun berjanji akan terus kerja keras dalam membangun desa wisata ini. “Indonesia menerapkan best practice dalam pengembangan pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan. Oleh karena itu Kemenparekraf sekarang all out. Kami tidak setengah-setengah,” ucap Sandi.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.