Dark/Light Mode

Kemendikbudristek: Keluarga Adalah Sistem Pendukung Keberhasilan Generasi Penerus Bangsa

Rabu, 6 Juli 2022 22:49 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

 Sebelumnya 
Profil Pelajar Pancasila perlu menjadi pondasi bagi setiap keluarga agar anak-anak Indonesia dapat menjadi generasi yang sehat, cerdas, berprestasi, kreatif, dan mandiri.

"Sehingga mereka ini siap untuk bersaing dan menjadi generasi Indonesia yang hebat. Semuanya memang mulai dari keluarga. Keluarga memberikan contoh yang baik, implementasi dengan nilai-nilai yang baik, sehingga kebiasaan-kebiasaan baik itu akan tumbuh pada anak," bebernya.

Baca juga : RUU KIA Inisiatif DPR, Puan: Pedoman Buat Generasi Penerus Jadi SDM Unggul

Peran penting orangtua dalam tumbuh kembang anak ditekankan lebih lanjut oleh pemateri Kelas Kreatif, Stella Nau. Pendiri NTT Muda tersebut menekankan, untuk mewujudkan generasi Pancasilais, selain anak-anaknya yang belajar,

orangtua juga harus memiliki semangat untuk belajar. Menurutnya, orangtua dan anak-anak harus sama-sama belajar untuk menjadi generasi bangsa yang memiliki karakter sesuai profil Pelajar Pancasila.

Baca juga : Kemendikbudristek Berikan Beasiswa Indonesia Maju Afirmasi Angkatan 1

"Orang tua harus mencari tahu skill dan informasi yang tepat untuk mengetahui bagaimana anak-anak bisa tumbuh menjadi anak yang cerdas dan berkarakter," ucap Stela Nau.

Melalui Festival Generasi Pancasila, Kemendikbudristek menekankan kembali pentingnya keterlibatan aktif orangtua dan keluarga dalam mewujudkan Pelajar Pancasila yang bangga dengan Pancasila dan siap menjadi pemimpin bangsa Indonesia di masa depan. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.