Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

NOC Indonesia Dan Hungaria Mantapkan Kerja Sama Peningkatan Prestasi Olahraga

Kamis, 2 Juni 2022 19:15 WIB
Kunjungan Dubes Hungaria untuk Indonesia Lilla Karsay berkunjung ke Kantor NOC Indonesia di Senayan, Jakarta, Kamis (2/6). (Foto: Istimewa)
Kunjungan Dubes Hungaria untuk Indonesia Lilla Karsay berkunjung ke Kantor NOC Indonesia di Senayan, Jakarta, Kamis (2/6). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) menjajaki potensi kerja sama peningkatan prestasi olahraga dengan Hungaria. Peluang ini terbuka setelah Duta Besar Hungaria untuk Indonesia Lilla Karsay berkunjung ke Kantor NOC Indonesia di Senayan, Jakarta, Kamis (2/6).

Karsay yang datang didampingi Atase Perdagangan Kedutaan Hungaria untuk Indonesia Zoltan Paldi membicarakan sejumlah potensi kerja sama dengan Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari bersama Sekretaris Jenderal Ferry Kono, Ketua Komisi Sport and Development Calvin Legawa serta Hubungan Internasional Lilla Horvath.

“Kami bangga dan terhormat karena hari ini kami kedatangan Her Exellency Duta Besar Hungaria untuk Indonesia Lilla Karsay. Kami membicarakan potensi kolaborasi yang bisa dilakukan antara NOC Indonesia dengan pemerintah Hungaria dalam mengembangkan serta meningkatkan prestasi olahraga kedua negara,” ujar Okto.

Baca juga : Irigasi Pertanian Tingkatkan Kesejahteraan Petani Probolinggo

Potensi kerja sama yang dibangun NOC Indonesia merupakan bagian dari diplomasi internasional. Hal ini sejalan dengan peran NOC yang tertuang dalam poin 2.3 Olympic Charter (Piagam Olimpiade) yakni mendorong perkembangan high performance olahraga, begitu juga dengan sport for all.

Peluang kerja sama antara NOC Indonesia dengan Hungaria meliputi beberapa bidang, di antaranya sport patnership, pemberian beasiswa dalam bidang sport manajemen, hingga penguatan komunitas olahraga.

Okto mengatakan pihaknya masih harus menggali kerja sama apa saja yang bisa dikembangkan agar dapat menghasilkan keuntungan yang bagus bagi kedua negara.

Baca juga : Dubes RI Untuk Bulgaria, Genjot Kerja Sama Universitas

"Mungkin bisa dengan membuat sport camp khusus untuk high perfomance program, entah di Indonesia atau Hungaria sehingga atlet Indonesia bisa berlatih di Hungaria ataupun sebaliknya. Kami menanti agar rencana ini dapat berhasil,” ujar Okto.

Sementara itu, Karsay mengaku antusias dengan rencana penjajakan kerja sama ini. Ia menilai Indonesia merupakan bangsa besar yang memiliki talenta serta potensi dan Hungaria siap membantu pengembangan high perfomance program.

Sekadar informasi Hungaria tercatat sebagai negara yang belum pernah menjadi tuan rumah Olimpiade tetapi memiliki koleksi medali emas terbanyak di pesta olahraga terakbar empat tahunan musim panas paling bergengsi di dunia.

Baca juga : Lantik Pengurus IMI NTB, Bamsoet Dorong Peningkatan Prestasi Atlet Balap

Hal itu dipastikan setelah Hungaria mendapatkan 6 medali emas di Olimpiade Tokyo dan membuat total keping emas mereka menjadi 183.

Dengan raihan tersebut, Hungaria mengambil alih posisi Finlandia di peringkat teratas negara pemilik keping emas terbanyak per kapita.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.