Dark/Light Mode

Di Puncak Gernas BBI, KKP Boyong 67 UMKM Terbaik

Rabu, 13 Juli 2022 20:03 WIB
Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) KKP Artati Widiarti. (Foto: Ist)
Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) KKP Artati Widiarti. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memboyong 67 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) terbaik dalam puncak Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) 2022 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan pada 22 Juli mendatang. Tujuannya, agar UMKM tersebut unjuk gigi memamerkan produknya pada gelaran tersebut.

Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) KKP Artati Widiarti mengatakan, seluruh pelaku UMKM telah dibekali sejumlah pelatihan. Di antaranya, literasi finansial hingga digital branding untuk meningkatkan penjualan produk secara offline maupun online.

"Alhamdulillah setelah beberapa rangkaian pendataan, pendampingan dan pelatihan berhasil kami saring dari 1178 UMKM yang mendaftar menjadi 67 UMKM terpilih untuk puncak BBI 2022," kata Artati dalam keterangan resminya, Rabu (13/7).

Baca juga : Dengan Simpedes PeDe, BRI Dorong UMKM Memimpin Perubahan

Artati menjelaskan, untuk Gernas BBI di Kalimantan Selatan ini, Menteri Kelautan dan Perikanan akan bertindak sebagai campaign manager.

Hal ini dilakukan untuk meneruskan amanat dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sebagai ketua Tim Gernas BBI yang dibentuk Presiden pada 8 September 2021 lalu.

Artati menambahkan, puncak Gernas BBI ini akan mengusung tema 'Jelajahi Warna-Warni Kalimantan Selatan'. Untuk itu, KKP menggandeng pemerintah provinsi Kalimantan Selatan, Bank Indonesia serta sejumlah pihak guna memeriahkan Gernas BBI kali ini.

Baca juga : BNI Boyong UMKM ke Negeri K-Pop

Berbeda dengan tahun sebelumnya, pada kegiatan ini KKP mengajak UMKM pangan dan non-pangan sekaligus non kelautan dan perikanan.

Artati mengungkapkan, di puncak acara nanti, akan diumumkan 5 terbaik dari yang paling baik yang berkonsep keberlanjutan, gender, ekonomi biru hingga zero waste.

"Nanti akan diumumkan 5 terbaik, termasuk yang memiliki transaksi terbanyak setelah menerapkan materi pelatihan," ungkap Artati. 

Baca juga : Di Tengah Lebaran, Warga Kampung Melayu Kebanjiran

Sementara itu, Direktur Pemasaran Ditjen PDSPKP KKP Erwin Dwiyana menyebut rangkaian kegiatan BBI telah dilakukan sejak Maret lalu.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.