Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Diresmikan Jokowi Besok, Basuki Cek SPAM Waemese II Di NTT

Kamis, 21 Juli 2022 12:19 WIB
Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Wae Mese II.di NTT
Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Wae Mese II.di NTT

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus membangun sarana dan prasarana penunjang kesejahteraan masyarakat di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Tinur (NTT). Salah satunya, Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Wae Mese II.

Rencananya, Pembangunan SPAM Wae Mese II akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Jumat (22/7).

“Sebagai destinasi wisata premium pasti membuat kebutuhan air meningkat. Bukan hanya untuk kegiatan turisme, tetapi juga bagi masyarakat. SPAM Wae Mese II ini akan memenuhi kebutuhan air bersih sekitar 40 ribu penduduk Labuan Bajo atau 70% dari total penduduk,” kata Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono saat mengecek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Wae Mese II di NTT, Kamis (21/7).

Baca juga : Diresmikan Puan, Pasar Banyumas Kerek Ekonomi Warga Jateng

SPAM Wae Mese II dibangun dengan kapasitas 100 liter per detik. SPAM ini melengkapi SPAM Wae Mese yang sebelumnya telah dibangun dengan kapasitas 40 liter per detik.

Proyek ini dikerjakan pada November 2020 sampai awal 2022 oleh kontraktor PT Amarta Karya dengan nilai kontrak Rp 159 miliar. Sumber air berasal dari Sungai Wae Mese dan akan dialirkan ke Reservoir Wae Mata yang berkapasitas 2.000 m3 untuk melayani lima reservoir, yaitu Reservoar Bappeda, Golokoe, Firdaus, Gua Cermin dan DPRD. 

“Saya kira dengan 100 liter per detik tambahan ini bisa mengurangi gap antara industri, pariwisata, dan masyarakat. Sehingga diharapkan tidak menimbulkan kecemburuan sosial,” ucap Basuki.

Baca juga : Diresmikan Sri Sultan, Tokopedia Care Hadir Di Yogyakarta

Menteri dari PDI Perjuangan ini mengatakan, kualitas air SPAM Wae Mese II ini baik dengan empat indikator yakni pH, suhu, electric conductivity dan kekeruhan. 

Sementara Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi mengatakan tujuan dari pembangunan SPAM ini adalah untuk pelayanan publik. 

“Tujuan utama SPAM ini bukan untuk mencari dividen, tetapi untuk meningkatkan pelayanan bagi masyarakat semaksimal mungkin dari SPAM yang dikelola PDAM ini,” ujarnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.