Dark/Light Mode

Presiden Jokowi Direncanakan Buka FASI XI BKPRMI Di Palembang

Minggu, 20 Maret 2022 10:59 WIB
Presiden Jokowi saat membuka FASI X BKPRMI pada September 2017. (Foto: Dok. BKPRMI)
Presiden Jokowi saat membuka FASI X BKPRMI pada September 2017. (Foto: Dok. BKPRMI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi direncanakan akan membuka Festival Anak Shaleh Indonesia (FASI) XI Tingkat Nasional yang di  dilaksanakan di Dining Hall, Jaka Baring Sport City, Kota Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (25/3) sampai Minggu 25 (27/3). Kabar ini diketahui usai Ketua Umum DPP Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Said Aldi Al Idrus didampingi Dewan Penasehat Idrus Marham, Sekretaris Jenderal Ahmad Rizqon, dan Direktur Nasional Lembaga Pembinaan Pengembangan TK Al-Al-Qur'an (LPTKA) Gunawan HS bertemu Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Prof Pratikno, pekan lalu.

Pada pertemuan tersebut, kata Said Aldi, Pratikno menyambut baik dan akan menyampaikan undangan DPP BKPRMI untuk kegiatan pelaksanaan FASI XI kepada Jokowi. "Sekaligus menjadwalkan kehadiran beliau (Presiden Jokowi, red) pada, Jumat (25/3) mendatang," terangnya, dalam keterangan yang diterima redaksi, Minggu (20/3).

Said Aldi mengungkapkan, kegiatan FASI XI DPP BKPRMI ini harusnya dilaksanakan pada 2020. Namun, dikarenakan pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia, pelaksanaannya harus ditunda. Sehingga baru 2022 ini bisa dilaksanakan.

“FASI XI DPP BKPRMI ini diisi 23 kategori perlombaan. Di antaranya, Tartil Al Qur’an, Pidato Islami, Nasyid Islami, Cerdas Cermat Al-Qur'an, menggambar, Adzan dan Iqomah, Tilawah Al-Qur'an, Tahfiz Juz Amma, Kisah Islami, dan Kaligrafi,” ujarnya.

Baca juga : Puan: Jokowi Akan Buka Sidang IPU Ke-144 Di Bali

Festival Anak Shaleh Indonesia ini merupakan kegiatan rutin DPP BKPRMI yang dilaksanakan setiap 3 tahun sekali. Said Aldi menuturkan, sebanyak 4 ribu peserta dan pendamping dari 30 DPW BKPRMI se-Indonesia telah mendaftar untuk mengikuti kegiatan ini. Total hadiah yang akan diperebutkan mencapai Rp 2,5 miliar.

“Seluruh juara pertama untuk semua kategori yang diperlombakan, akan diberangkatkan umrah ke Tanah Suci," lanjutnya. Selain itu, bagi peserta yang berhasil menjadi juara umum akan mendatkan hadiah 1 unit mobil, yang merupakan pemberian dari Gubernur Sumatera Selatan.

Sekjen DPP BKPRMI Ahmad Rizqon menjelaskan, kegiatan FASI XI yang dilaksanakan di Kota Palembang ini merupakan momentum peringatan ke-50 tahun BKPRMI. Sekaligus menyambut Ramadhan 1443 Hijriah, yang nantinya diisi tausiah oleh Ustaz Das’ad Latif.

“Perlu diketahui, bahwa BKPRMI lahir pada tahun 1977 dan terus berikhtiar membina generasi Qur’ani. Dan sampai saat ini telah mewisuda 8 juta santri se-Indonesia,” ucapnya.

Baca juga : KBRI Tokyo Tingkatkan Kerja Sama Sepak Bola RI Dengan Jepang

Kemudian, lanjut Ahmad Rizqon, FASI XI juga diisi dengan rangkaian kegiatan Jambore Brigade BKPRMI yang diikuti ustaz dan ustazah BKPRMI seluruh Indonesia dan yang dibuka Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Rabu (23/3). Tidak hanya itu, sambung Ahmad Rizqon, pada kegiatan tersebut juga diisi vaksinasi cdnter yang diikuti 5 ribu peserta dan dibuka oleh Kapolri Jenderal Listiyo Sigit Prabowo.

“Kemudian, malamnya diisi dengan pengukuhan Dewan Hakim FASI XI yang dilakukan  Wakil Ketua Dewan Masjid Indonesia Komjen (Purn) Syafruddin Msi yang juga Ketua Dewan Pembina DPP BKPRMI,” ucap Ahmad Rizqon. Pagelaran FASI XI ini juga nantinya akan dilaksanakan Sosialisasi Empat Pilar oleh ketua MPR Bambang Soesatyo.

Pada pertemuan dengan BKPRMI, pekan lalu, Pratikno berharap kegiatan ini berjalan baik dan lancar serta tetap mematuhi protokol Kesehatan (Prokes). Pratikno berjanji akan menjadwalkan Presiden Jokowi untuk membuka kegiatan ini.

“Kita juga berharap Bapak Presiden Jokowi menyempatkan waktunya untuk membuka kegiatan FASI XI ini, meskipun begitu padat jadwal kerja beliau, seperti G20 dan lainnya,” ucapnya. 

Baca juga : Jokowi Tegaskan Lagi, Jangan Ada Yang Mikir DKI Ditinggalkan

Sebelumnya, DPP BKPRMI juga menggelar FASI X di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, yang dibuka langsung Presiden Jokowi, September 2017. Kegiatan tersebut diikuti 10 ribu santri se-Indonesia. Para peserta yang menjadi juara diberikan pembinaan oleh pemerintah kota dan pemerintah provinsi setempat. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.