Dark/Light Mode

Mantap, Jakarta Jadi Tuan Rumah Formula E

Minggu, 14 Juli 2019 18:34 WIB
Gubernur Anies Baswedan saat meninjau event Formula E di  New York. (Foto : istimewa)
Gubernur Anies Baswedan saat meninjau event Formula E di New York. (Foto : istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jakarta akan menjadi tempat dilaksanakannya Formula E pada tahun 2020. Hal itu disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan setelah ia melakukan negosiasi dengan Federasi Otomotif Internasional (FIA) di New York, pada 13 Juli lalu.

"Tim dari Formula E juga sudah datang khusus melakukan uji lapangan di Jakarta pada 8 sampai 9 Juli lalu. Karena Jakarta berkompetisi dengan kota dunia lainnya, maka semua dikerjakan dengan tertib dan tak banyak bicara," ujar Anies kepada media, Minggu (14/7).

Formula E merupakan kejuaraan bergengsi balap mobil kedua setelah F1. Berbeda dengan F1, Formula E menggunakan mesin bertenaga listrik serta diadakan di sirkuit jalan raya. Mantan pebalap F1 juga pernah tercatat membalap di Formula E di antaranya ialah Nick Heidfeld, Jason Trulli, dan Jacques Villenueve.

Baca juga : Polusi Udara Jakarta Disumbang 20 Juta Kendaraan

Dijelaskan Anies, puncak pertemuan dibuat tanggal 13 Juli 2019, bersamaan dengan putaran final Sesi 6 Formula E. Saat itu, ia mengaku bernegosiasi dengan Alexandro Agag dan Alberto Longo, para pemimpin tertinggi Formula E yang juga legenda dunia balap mobil.

"Walau baru bertatap muka kali ini, tapi kami langsung akrab seakan sudah kenal lama. Suasana negosiasi berlangsung serius, dengan bahan lengkap sudah disiapkan, namun tetap santai dan bersahabat," katanya.

"Di ujungnya kami bersepakat, Jakarta lebih dari layak dipilih menjadi tuan rumah. Ini artinya, mata dan kamera seluruh dunia akan datang dan menyorot Jakarta, ribuan penonton dari seluruh dunia akan hadir langsung. Tak terkira banyaknya juga adalah penonton dari dalam negeri. Yang tak kalah penting adalah manfaat pergerakan ekonomi pun akan dirasakan," ucap Anies.

Baca juga : Jenazah Sutopo Tiba di Rumah Boyolali

Anies mengatakan Formula E akan memberikan manfaat besar bagi Jakarta. Menurut preliminary study, lanjut Anies, Formula E akan menggerakkan perekonomian hingga lebih dari 78 juta Euro, atau Rp 1,2 triliun.

Hal itu dinilai akan menjadi kesempatan besar bagi kesejahteraan serta membuka lapangan kerja dan usaha bagi warga Jakarta. "Alhamdulillah, atas izin Allah SWT, perjuangan panjang dari seluruh jajaran DKI Jakarta dan tim telah membuahkan hasil. Bersyukur bahwa ada banyak kota besar dunia berusaha, tapi Jakarta yang berkesempatan," kata Anies.

Beberapa negara tercatat pernah menjadi tuan rumah dari Formula E di antaranya Hong Kong Central Habourfront Circuit (Hong Kong), Sirkuit Jalan Raya Paris (Prancis), Sirkuit Jalan Raya Berlin (Jerman), Sirkuit Jalan Raya Brooklyn (Amerika Serikat), Sirkuit Jalan Raya Montreal (Kanada), dan Sirkuit jalanan Putrajaya (Malaysia). [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.