Dark/Light Mode

Arahkan BPBD, TNI dan Polri Setempat

Letjen Doni Tiba di Lokasi Gempa Halmahera Selatan

Kamis, 18 Juli 2019 10:29 WIB
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo (kiri) sesaat sebelum sampai di lokasi gempa Halmahera Selatan, Kamis (18/7). (Foto: Humas BNPB).
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo (kiri) sesaat sebelum sampai di lokasi gempa Halmahera Selatan, Kamis (18/7). (Foto: Humas BNPB).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala BNPB Letjen Doni Monardo tiba di Labuha Bacan Halmahera Selatan, Kamis (18/7) pukul 11.00 waktu setempat.

Seperti yang disampaikan Egy Massadiah, Tenaga Ahli BNPB, rombongan Kepala BNPB menggunakan Heli EC 155 yang take off dari Ternate. Di dalam Heli tersebut turut mendampingi Gubernur Makuku Utara Gani Kasuba, Pangdam Pattimura Mayjend Marga Taufik, Deputy BNPB Harmensyah, BPBD Provinsi dan Kabupaten setempat.

Baca juga : Muhammadiyah Terjunkan Tim Asistensi ke Lokasi Gempa Halmahera Selatan

Adapun tujuan kunjungan Kepala BNPB ke beberapa titik pengungsian korban gempa adalah untuk mengecek langsung situasi terkini dan memberikan arahan kepada BPBD, TNI Polri setempat.

Selain itu juga untuk memastikan kebutuhan dasar para pengungsi terlayani dengan baik. Informasi yang diterima hingga 18 Juli 2019 jumlah pengungsi sudah mencapai 53 ribu orang.

Baca juga : Data BPBD Malut: Gempa Halmehera Tewaskan Dua Orang

BNPB sendiri langsung mengirimkan bantuan awal berupa: Perlengkapan sekolah, Matras, Tikar, Paket perlengkapan keluarga, Selimut, Tenda Gulung, Lauk Pauk, Paket perlengkapan bayi dan sarung.

Bantuan lainnya juga sudah diberangkatkan dari Jakarta. Gempa di Halmahera terjadi sejak Minggu (14/7) yang berkekuatan 7,2 SR.

Baca juga : Jaga KPU, TNI Dan Polri Cegah Massa Ke Jakarta

BMKG mencatat setidaknya lebih dari 61 gempa susulan setelah gempa pertama. BMKG mengungkap memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar Sorong-Bacan.

Hasil dari analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi di wilayah Kabupaten Halmahera Selatan ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar mendatar.  [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.