Dewan Pers

Dark/Light Mode

Semangat Kemerdekaan Dorong Generasi Muda Gotong Royong Pulihkan Dan Bangkitkan Indonesia Merdeka

Rabu, 17 Agustus 2022 17:18 WIB
Mendikbudristek Nadiem Makarim (belakang) saat memimpin upacara di Kantor Kemendikbudristek, Senayan, Jakarta, Rabu (17/8). (Foto: Humas Kemendikbudristek)
Mendikbudristek Nadiem Makarim (belakang) saat memimpin upacara di Kantor Kemendikbudristek, Senayan, Jakarta, Rabu (17/8). (Foto: Humas Kemendikbudristek)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia tahun ini mengusung "Semangat Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat".

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim pun mengajak seluruh generasi muda bergotong royong memulihkan dan membangkitkan Indonesia Merdeka, dengan mewujudkan Merdeka Belajar.

Nadiem menyebut, Indonesia telah meyakinkan dunia bahwa generasi mudanya sudah terlatih dengan dunia kerja dan kehidupan bermasyarakat. Bekalnya, diperoleh sejak di bangku sekolah dasar hingga pendidikan tinggi melalui berbagai program.

"Masih banyak lagi episode Merdeka Belajar yang akan kami luncurkan, sampai semua anak Indonesia merasakan kemerdekaan yang sebenarnya yaitu belajar dengan bahagia, berkarya tanpa hambatan, berlari menuju masa depan penuh keberanian sebagai Pelajar Pancasila," ujar Nadiem, saat memimpin upacara di Kantor Kemendikbudristek, Senayan, Jakarta, Rabu (17/8).

Berita Terkait : KBRI Beijing Hadirkan Indonesian Fine Dining Week

Pada kesempatan ini, perwakilan anggota Paskibra Hilman Fahrezi dari sekolah SMAN 1 Cikarang Selatan menyampaikan rasa bangganya melihat perkembangan situasi pandemi Covid-19 yang kian terkendali.

Ia mengungkapkan betapa senangnya dirinya ketika pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah berangsur normal kembali.

Hal ini membuktikan bahwa seluruh ekosistem pendidikan tak pernah menyerah untuk bangkit menghidupkan pembelajaran, meski didera berbagai tantangan selama pandemi.

Dia menyatakan, proses pembelajaran dari rumah tentu sangat berbeda dan memberikan pukulan keras bagi dunia pendidikan, termasuk meningkatnya angka putus sekolah. 

Berita Terkait : Ganjar: Stop Praktik Buruk Dan Busuk Yang Rugikan Rakyat

"Motto peringatan Hari Kemerdekaan tahun ini merefleksikan perjuangan kita sebagai bangsa saat itu hingga sekarang supaya kita tetap optimistis menggapai cita-cita di masa depan," ujar Hilman, yang bertugas sebagai pasukan pendamping pada peringatan HUT RI ke-77 di Kantor Kemendikbudristek tahun ini.

Hilman bercerita, selama dua tahun pandemi ia tetap giat belajar. Untuk lebih memahami materi pembelajaran, ia bersama teman-temannya membentuk kelompok belajar.

Selain itu, ia aktif berkegiatan di sekolah meski penyelenggaraannya berlangsung secara daring. Sebab menurutnya, penerus bangsa harus menyeimbangkan kompetensi akademik dan nonakademik dengan berbagai cara.

"Selama pandemi saya tetap aktif berorganisasi, ikut seleksi dan latihan Paskibra, biar masih pandemi saya harus bangkit dan tidak menyerah dengan keadaan," ungkapnya.

Berita Terkait : Laporan Pelaksanaan Haji, 50 Persen Jemaah Sudah Pulang ke Indonesia

Disebutkan Hilman, dalam Paskibra juga ada materi kepemimpinan dan kedisiplinan yang dapat diterapkan dan berguna dalam aktivitas sehari-hari.
 Selanjutnya