Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pidato di Pelantikan KNPI

Bamsoet: Generasi Muda Harus Berhati Indonesia dan Berjiwa Pancasila

Minggu, 24 Juli 2022 17:56 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo (Foto: Istimewa)
Ketua MPR Bambang Soesatyo (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR Bambang Soesatyo menuturkan, seiring perkembangan zaman, peningkatan kompetensi pemuda sebagai sumber daya pembangunan harus menjadi prioritas utama. Lompatan kemajuan teknologi telah meniscayakan generasi muda untuk terus beradaptasi dan berinovasi, agar tidak tertinggal dalam kompetisi global yang berkembang pesat.

Demikian disampaikan Bamsoet, sapaan akrab Bambang, saat pidato secara virtual di Pelantikan DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Pimpinan Haris Pertama masa bakti 2022-2025, Sabtu malam (23/7). Bamsoet ini menjelaskan, derasnya arus perubahan global dapat dirasakan. Yaitu, ketika masyarakat sepenuhnya selesai berurusan dengan era Revolusi Industri 4.0, kini sudah dihadapkan pada Era Society 5.0. Menyikapi kondisi tersebut, generasi muda bangsa sebagai aktivis pembangunan, dituntut agar mampu bertransformasi, agar mampu menjadi kekuatan pendobrak yang mengubah tantangan menjadi peluang, dan menjadikan peluang sebagai keberhasilan.

Baca juga : Budi Muliawan Ingatkan Potensi Besar Generasi Z Isi Kemerdekaan

"Dengan segenap sumber daya yang dimiliki, dan kapasitas jangkauan kelembagaan yang melingkupi seluruh wilayah Nusantara, saya yakin dan percaya, bahwa KNPI akan sanggup menjadi motor penggerak, bagi setiap langkah dan kebijakan untuk merealisasikan Visi Indonesia Emas 2045," ujar Bamsoet.

Ketua DPR ke-20 ini menjelaskan, KNPI sebagai organisasi kepemudaan memiliki tanggung jawab yang besar untuk mengoptimalkan peran penting dan strategis generasi muda dalam menjalankan fungsi sosial-politiknya. Baik sebagai agen perubahan, kontrol sosial, kekuatan moral, penjaga nilai kebangsaan, maupun sebagai penerus estafet kepemimpinan nasional di masa depan.

Baca juga : Hari Anak Nasional, Wapres Minta Anak Indonesia Terus Ukir Prestasi

"Sebagai agen perubahan, generasi muda adalah katalisator yang mendorong lahirnya perubahan ke arah perbaikan dalam segala dimensi kehidupan berbangsa dan bernegara. Generasi muda dituntut untuk dapat bersikap kritis, berpikir visioner dan melihat jauh ke depan, serta mempunyai daya kreasi dan imajinasi yang kuat mengenai kondisi ideal yang dicita-citakan. Untuk mewujudkannya, generasi muda harus membekali diri dengan ilmu pengetahuan dan literasi teknologi," kata Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini memaparkan, sebagai kontrol sosial, generasi muda berperan untuk memperjuangkan keseimbangan dan keadilan dalam kehidupan masyarakat agar tidak terjadi kesenjangan dan ketimpangan sosial. Dalam konsepsi ini, generasi muda dituntut mempunyai kejelian dalam melihat dan menyelami realitas sosial yang terjadi di sekitarnya, dan mendorong terwujudnya kesetaraan dan kesinambungan pembangunan, untuk mengikis disparitas sosial dan kesenjangan kesejahteraan.

Baca juga : Indonesia Tak Berada Dalam Jurang Krisis

"Sebagai generasi penerus bangsa, pemuda adalah sumberdaya potensial bangsa yang akan melanjutkan estafet kepemimpinan nasional. Generasi muda bangsa diharapkan tumbuh menjadi 'manusia-manusia tangguh' yang mampu menjawab berbagai tantangan dan dinamika zaman. Pemuda tidak hanya sekedar cerdas dan terampil, tetapi juga berkarakter dan berwawasan kebangsaan. Generasi muda yang  berwawasan kebangsaan, adalah generasi yang berhati Indonesia dan berjiwa Pancasila," pungkas Bamsoet.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.