Dark/Light Mode

Kemenkominfo Gandeng UPN Tingkatkan Literasi Digital

Jumat, 26 Agustus 2022 16:25 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

 Sebelumnya 
Bonifasius juga menekankan pentingnya etika di dunia digital. Terkait dengan etika, harus memahami dan cermat dalam memanfaatkan media sosial, perhatikan netiket atau internet etiquette.

"Etika di dunia nyata dan digital itu sama, jangan melakukan cyberbullying, pencemaran nama baik, dan menyebarkan hal yang tidak baik. Konsekuensi hukum di dunia nyata dan digital itu sama," tuturnya.

Baca juga : KAI Remajakan Kereta Ekonomi Untuk Tingkatkan Kenyamanan

Selain melakukan literasi digital kepada masyarakat, pemerintah juga melakukan pembangunan infrastruktur digital agar terjadi pemerataan akses digital. Di antaranya  dengan meluncurkan meluncurkan Satelit Republik Indonesia (SATRIA) pada tahun 2023.

"Pemerintah akan meluncurkan satelit satria di tahun 2023 sehingga diharapkan saudara-saudara di luar Pulau Jawa khususnya di bagian pelosok timur dapat memanfaatkan internetnya dengan satelit satria," jelasnya.

Baca juga : Kemenkominfo Genjot Pertumbuhan UMKM Papua

Kolaborasi antara Kemenkominfo dan UPNVY merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi dan diluncurkan oleh Kemenkominfo pada 20 Mei 2021.

Program ini dilaksanakan di seluruh provinsi se-Indonesia dengan target 50 juta orang memperoleh literasi tentang teknologi digital pada tahun 2024.

Baca juga : Gandeng GNOTA, Garudafood Salurkan Beasiswa Di 4 Lokasi

Literasi Digital di Sektor Pendidikan merupakan salah satu dari tiga sektor yang menjadi target program Literasi Digital, dimana dua sektor lainnya meliputi sektor masyarakat umum/komunitas dan sektor pemerintahan," imbuhnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.