Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kemenkominfo Genjot Pertumbuhan UMKM Papua

Rabu, 24 Agustus 2022 21:44 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah menegaskan komitmennya mendorong pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal Papua agar bisa tumbuh dan berkembang.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengatakan, Papua memiliki potensi yang besar terutama pada bidang fashion, kuliner, dan kerajinan kriya.

"Papua memiliki potensi yang sangat besar, yang dapat dimanfaatkan menjadi produk unggulan di bidang fashion, kuliner, dan kerajinan kriya," katanya secara virtual pada puncak acara Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) bertajuk 'Binar Digital Papua' di GOR Cenderawasih Jayapura, Papua, Rabu (25/8).

Baca juga : Kemenkominfo Dan UNU Beri Pelatihan Literasi Digital Masyarakat NTB

Johnny mengakui kecintaan Pemerintah tidak pernah luntur terhadap tanah Papua. Dalam pandangan Johnny, tanah Papua yang terletak paling timur Indonesia itu menyimpan berbagai keindahan alam dan kekayaan budaya yang mempesona.

"Di tengah momentum pertumbuhan ekonomi nasional yang mencapai 5,44 persen (year on year/yoy) pada triwulan II tahun ini, maka pemerintah perlu terus mendorong pertumbuhan UMKM/ UMi (ultra mikro)," ujarnya.

Hal inilah yang melatarbelakangi ditetapkannya Kota Jayapura sebagai tuan rumah konvensi acara puncak Gernas BBI. Gelaran tersebut juga bertujuan mendorong pelaku UMKM lokal Papua untuk tetap adaptif di era pandemi saat ini.

Baca juga : Kemenperin Genjot Ekspor IKM Perhiasan

"Pada Mei 2020, Presiden Joko Widodo meresmikan Gernas BBI sebagai bentuk dukungan Pemerintah terhadap produk dalam negeri khususnya produk UMKM/UMi agar mampu bersaing di masa pandemi Covid-19,” jelasnya.

Untuk itu, Johnny menegaskan, Gernas BBI memiliki misi untuk mendorong penguatan produk UMKM dan penggunaan teknologi digital untuk produk-produk artisan lokal, serta mendorong konsumen untuk membeli produk UMKM dalam negeri.

Acara puncak Gernas BBI 'Digital Binar Papua' dimeriahkan dengan pameran produk UMKM, pertunjukan dua tari budaya Papua dari seniman Papua yakni Tarian Tifa dan Tarian Tangkur Sagu, peragaan busana, dan lainnya.

Baca juga : Pemerintah Bantu Pelaku Usaha Kecil Papua Rambah Pasar Online

Selain Johnny, hadir secara virtual Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, dan Gubernur Bank Indonesia Perry Wardjiyo.

Hadir pula Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kominfo Usman Kansong, Staf Khusus Menkominfo Philip Gobang, Direktur Informasi Komunikasi Perekonomian dan Maritim Septriana Tangkary. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.