Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dukung UMKM Alumni, ILUNI UI Teken Kerja Sama Dengan BKPM

Kamis, 25 Agustus 2022 22:24 WIB
Foto: Dok. ILUNI UI
Foto: Dok. ILUNI UI

RM.id  Rakyat Merdeka - Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) meresmikan kerja sama dengan Kementerian Investasi/ Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Kerja sama ini sebagai upaya ILUNI UI untuk memberikan dukungan kepada pelaku UMKM alumni UI melalui berbagai kegiatan edukasi dan program bantuan peningkatan skala usaha.

Penandatangan nota kesepahaman dilakukan oleh Ketua Umum ILUNI UI Andre Rahadian dan Deputi Bidang Kerja Sama Penanaman Modal BKPM Dr. Riyatno, bertempat di Gedung Kementerian Investasi/ Badan Koordinasi Penanaman Modal Jakarta, Rabu (24/8).

Baca juga : Luis Milla Siap Kerja Sama Dengan Skuad Maung Bandung

Dalam sambutannya, Andre menyampaikan rasa terima kasih atas kepercayaan yang diberikan melalui kerja sama dengan Kementerian Investasi/BKPM kepada alumni UI.

Salah satu bentuk kerja sama yang telah dijalankan adalah program pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) untuk para pedagang UMKM di UI pada acara Home Coming Day UI 2022 pada Minggu (21/8).

Pedagang yang mendaftar pada acara, mendapatkan asistensi sehingga bisa langsung membuat di tempat. Setidaknya ada sekitar 60 orang pedagang kantin se-UI berpartisipasi dalam kegiatan pembuatan NIB bersama ILUNI UI.

Baca juga : Ekpansi Bisnis Dan Transformasi, PI Utilitas Teken 5 Kerja Sama

“ILUNI UI dari awal sudah banyak bergerak membantu pemerintah dalam meningkatkan investasi dan ekonomi, mulai dari diskusi Policy Center, hingga usaha yang dilakukan MBC. Yang baru saja kemarin MBC lakukan adalah seminar mengenai NIB untuk pedagang kantin pada acara Home Coming Day UI,” ungkap Andre.

Melalui program kerja sama yang terjalin, alumni UI berpeluang mendapatkan fasilitasi peningkatan skala usaha, baik melalui matchmaking dengan perusahaan investasi ataupun program kemitraan BKPM. I

LUNI UI dan BKPM juga akan berkoordinasi terkait pengajuan dan penerimaan dokumen perizinan berusaha hasil rekomendasi dari ILUNI UI sesuai ketentuan yang berlaku di BKPM.

Baca juga : BNPT dan IPB Teken Kerja Sama Pencegahan Terorisme

“Ini adalah peluang besar bagi alumni yang ingin memulai atau mengembangkan usahanya, Ke depan bersama-sama dengan BKPM, ILUNI UI akan mengadakan berbagai kegiatan pelatihan untuk para pelaku UMKM alumni UI melalui seminar, pelatihan, dan FGD,” ujarnya.

Menurutnya  banyak pedagang masih belum mempunyai legalitas.

"Kolaborasi ini, diharapkan bisa memberikan akses untuk memperoleh legalitas, sebab kepemilikan legalitas dapat mempermudah pembiayaan bagi para pedagang,” pungkas Andre. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.