Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Lewat Business Matching Forum 2022

BNPP Tawarkan Komoditas Unggulan Sambas Ke Pembeli Dari Malaysia

Senin, 12 September 2022 15:04 WIB
Foto: Humas BNPP.
Foto: Humas BNPP.

RM.id  Rakyat Merdeka - Komoditas di perbatasan negara dinilai berpotensi untuk dapat dipasarkan ke negara tetangga. Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Sambas akan menggelar Business Matching Forum 2022 untuk menarik pembeli potensial dari negara tetangga, Malaysia.

Pelaksana Harian (Plh) Deputi Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan, Tumpak Haposan Simanjuntak, menyampaikan kegiatan ini merupakan bagian dari Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2021 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi pada Kawasan Perbatasan Negara di Aruk, Motaain, dan Skouw.

Dalam hal ini, Kabupaten Sambas merupakan salah satu kawasan strategis dimana terdapat Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Aruk, yang menjadi tempat perlintasan orang dan barang dari Indonesia ke Sarawak (Malaysia) maupun sebaliknya.

Baca juga : OTT Lampung Berkaitan Dengan Suap Penerimaan Mahasiswa Baru

Sesudah angka kasus Covid-19 mulai melandai, aktivitas lintas batas di PLBN Aruk semakin meningkat. Hal ini dinilai dapat dimanfaatkan untuk memamerkan produk unggulan Kabupaten Sambas di PLBN Aruk.

Kabupaten Sambas merupakan tempat dilaksanakannya 21 program/kegiatan sesuai Inpres 1/2021. Bussines Matching Forum 2022 akan menjadi tempat menampilkan sebagian dari produk lokal yang akan ditingkatkan tata kelolanya sesuai amanat Inpres 1/2021.

Produk yang akan ditampilkan di antaranya, jeruk, lada, ikan, serta kawasan wisata alam dan budaya. Tumpak mengatakan rencananya Bussines Matching Forum 2022 akan diselenggarakan pada waktu dekat.

Baca juga : Kalahkan Unggulan Ketiga, Arya/Revand Ke Semifinal

"Soal waktu kita setuju mungkin di minggu pertama bulan Oktober," ujar Tumpak di Kantor Bupati Sambas, Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat, seperti keterangan yang diterima RM.id, Senin (12/9).

Untuk menyukseskan kegiatan Bussines Matching Forum 2022 ini, BNPP telah berkoordinasi dengan Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan (Kumindag) Kabupaten Sambas untuk mengidentifikasi komoditas, industri menengah dan pariwisata yang akan ditampilkan dalam pameran Bussines Matching Forum 2022.

Adapun jenis komoditas yang telah masuk dalam identifikasi adalah holtikultura, perikanan, perkebunan, tanaman pangan, industri kerajinan, serta industri olahan makanan dan minuman.

Baca juga : Bamsoet Serahkan Trofi Juara MXGP Samota Ke Tim Gajser Dari Slovenia

Selain komoditas yang berpotensi untuk diekspor ke negara tetangga tersebut, Dinas Kumindag juga mengidentifikasi potensi pariwisata di Kabupaten Sambas yang dapat dipromosikan.

Dinas Kumindag Sambas telah menyiapkan kurang lebih 30 stand yang dapat dilihat oleh pembeli potensial dari Malaysia di Bussines Matching Forum 2022 ini.

Tumpak bersama jajaran Penataan Ruang Kawasan Perbatasan (PRKP) dan Potensi Kawasan Perbatasan Darat (PKPD) juga menyempatkan bertemu dengan Konjen RI di Kuching untuk berkoordinasi terkait acara ini.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.