Dark/Light Mode

Kampus Kudu Cegah Paham Radikal

BNPT Teken Kerja Sama Dengan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Jumat, 16 September 2022 17:50 WIB
Foto: Humas BNPT.
Foto: Humas BNPT.

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) melaksanakan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin Banten di Gedung Baladika Kantor BNPT Sentul, Bogor pada Jumat (16/9).

Sekretaris Utama BNPT Mayjen TNI Dedi Sambowo menjelaskan, PKS yang ditandatangani bersama UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten sangatlah strategis mengingat pentingnya kolaborasi pencegahan paham intoleran dan radikal terorisme dengan perguruan tinggi.

Baca juga : Yakes Telkom Perluas Kerja Sama Dengan 18 RS Mitra Keluarga Group

Sumber daya manusia baik para tenaga pengajar dan dosen di perguruan tinggi diharapkan mampu berperan aktif mencegah masuknya paham radikal terorisme.

"Semoga anak-anak kita (mahasiswa) punya imunitas dalam melawan paham radikal terorisme dan lewat PKS ini program-program kolaborasi bersama antara UIN Banten dan BNPT dapat berjalan dengan baik," jelasnya.

Baca juga : BNPT-Kemenag Kuatkan Sinergisitas

Dedi Sambowo menambahkan, selama ini BNPT terus memacu kolaborasi dengan entitas perguruan tinggi mengingat urgensi dalam melindungi mahasiswa Indonesia dari pengaruh paham radikal terorisme.

"Kita terus memacu kolaborasi ini karena penting sekali, anak-anak mahasiswa merupakan aset bonus demografi tahun 2030 dan untuk menyongsong Indonesia Emas 2045," ujarnya.

Baca juga : Luis Milla Siap Kerja Sama Dengan Skuad Maung Bandung

Sementara itu Rektor UIN Prof Dr Wawan Wahyuddin menuturkan, PKS pencegahan paham radikal dan intoleransi dengan BNPT dapat menjawab salah satu tantangan dunia pendidikan tinggi masa kini, yaitu terkait keamanan masuknya ideologi transnasional di kalangan mahasiswa.

"Kerja sama dengan BNPT ini untuk menjaga NKRI. UIN Banten bersinergi dan berkolaborasi dengan BNPT dalam rangka mendukung terciptanya Indonesia Emas 2045," jelasnya. â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.