Dark/Light Mode

Rusia Akan Perkuat Kerja Sama Dengan RI

Garuda Dan PT Pupuk Siap Tangkap Peluang Bisnis

Kamis, 7 Juli 2022 07:30 WIB
Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Irfan Setiaputra. (Foto: ANTARA).
Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Irfan Setiaputra. (Foto: ANTARA).

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Garuda Indonesia dan PT Pupuk Indonesia menyatakan siap menangkap peluang bisnis dari hasil pertemuan Presiden Jokowi dengan Presiden Vladimir Putin di Istana Kremlin, Rusia, Kamis (30/6). Kedua BUMN itu menegaskan terbuka melakukan kerja sama dengan pihak mana pun.

Dalam pertemuan, Jokowi dan Putin tak hanya membicarakan soal konflik Rusia dengan Ukraina, namun juga kerja sama ekonomi kedua negara. Di antaranya, soal bisnis penerbangan dan pasokan pupuk. Di sektor penerbangan, Putin menyampaikan kemungkinan membuka kembali penerbangan langsung dari Moskow ke Bali.

Menanggapi ini, Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Irfan Setiaputra menegaskan, pihaknya selalu terbuka dengan setiap potensi kerja sama dengan pihak mana pun. Termasuk, menghadirkan penerbangan langsung dari Rusia ke Indonesia, baik melalui skema codeshare atau yang lainnya.

Baca juga : Tingkatkan Literasi, Pemkab Sleman Jalin Kerja Sama Dengan Perpusnas

“Kami terbuka sekali untuk mendiskusikannya (penerbangan Moskow-Bali),” kata Irfan kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Menurut Irfan, penerbangan langsung antara negara harus dilihat sebagai upaya dalam mendekatkan dua negara.

“Namun begitu, dari sisi keekonomian juga harus tetap dijaga,” sambungnya.

Baca juga : Di Depan Putin, Jokowi Minta Perang Segera Diakhiri

Apalagi saat ini perseroan tengah melakukan rangkaian proses restrukturisasi dan pemulihan kinerja. Di antaranya, melalui penurunan beban sewa pesawat, konversi kewajiban usaha menjadi ekuitas, penerbitan surat utang baru. Dan, berbagai langkah strategis lain seperti optimalisasi jumlah armada serta simplifikasi jenis armada.

“Termasuk memaksimalkan rute penerbangan dengan kinerja yang positif,” katanya.

Ia berharap, Garuda Indonesia terus bertransformasi menjadi entitas bisnis yang lebih kuat, sehat dan resilient. Dan, mampu melakukan akselerasi pemulihan dalam 2-3 tahun ke depan.

Baca juga : KPK Garap Bupati Tulungagung Maryoto Birowo

Senior Vice President (SVP) Komunikasi PT Pupuk Indonesia (Persero) Wijaya Laksana juga mengapresiasi pertemuan dua pimpinan negara tersebut.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.