Dark/Light Mode

G20, WCCE Komitmen RI Majukan Ekonomi Kreatif

Sabtu, 8 Oktober 2022 17:56 WIB
Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno hadiri acara World Conference on Creative Economy (WCCE) Tahun 2022 di Bali (06/10)
Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno hadiri acara World Conference on Creative Economy (WCCE) Tahun 2022 di Bali (06/10)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia (Menparekraf) Sandiaga Uno menyebutkan, bahwa World Conference on Creative Economy (WCCE) merupakan rangkaian kegiatan dari Presidensi G20 Indonesia. 

Konferensi Dunia tentang Ekonomi Kreatif ini menunjukan komitmen kuat Indonesia untuk kemajuan isu-isu ekonomi kreatif dalam pemikiran global.

"Bali Creative Economy Roadmap sebagai hasil dari WCCE 2022 nantinya akan menjadi pedoman masyarakat dunia dalam memasukkan ekonomi kreatif ke dalam rencana pemulihan ekonomi global," ujar Menparekraf dalam keterangannya, Sabtu (8/10)

Baca juga : Ajang Strategi Dan Solusi Pulihkan Ekonomi Global

Menurutnya, Konferensi Ekonomi Kreatif Dunia itu juga diharapkan dapat memberikan pengaruh besar kepada masyarakat yang terlibat pada industri pariwisata dan ekonomi kreatif.

Menteri dari Partai Gerindra ini juga menerangkan, ekonomi kreatif menjadi penggerak utama pertumbuhan ekonomi yang mempercepat kebangkitan setelah pandemi dan membuka lebih banyak lapangan kerja.

"Hal ini untuk menyelaraskan relevansi ekonomi kreatif dalam kerangka ekonomi global. Sudah menjadi tugas kami untuk memastikan ekonomi kreatif sebagai penggerak utama dalam pertumbuhan ekonomi," katanya.

Baca juga : Lestari: Perekonomian Global Kudu Dijawab Kebijakan Ekonomi Efektif

Menparekraf menjelaskan, dua tahun terakhir telah menjadi momen penting dalam sektor ekonomi kreatif di mana pandemi Covid-19 memberikan dampak yang signifikan.

Namun, saat ini situasi dinilai sudah mulai membaik dimana pekerja di sektor ekonomi kreatif mulai kembali menggeliat.

"Ini menunjukkan bahwa Industri kreatif berkembang pesat dan sekaligus menjadi pertanda bahwa peluang terbuka lebar untuk mencapai target yang diberikan presiden dalam mendukung penciptaan 4,4 juta lapangan kerja baru di tahun 2024,” ungkap dia.■
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.