Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kadin Dan Hipmi Harus Bina Pelaku Ekonomi Kreatif Di Aceh

Kamis, 4 Agustus 2022 23:02 WIB
Menparekraf, Sandiaga Uno
Menparekraf, Sandiaga Uno

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno minta Kamar Dagang dan Industri (Kadin) dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Aceh untuk memberikan pembinaan terhadap pelaku ekonomi kreatif atau UMKM di tanah rencong. Kadin dan Hipmi Aceh harus berikan pendampingan dan fasilitasi pengembangan UMKM sektor ekonomi kreatif Aceh.

Hal itu disampaikan Sandiaga saat memberikan materi sekaligus membuka kegiatan apresiasi kreasi Indonesia (AKI) 2022 di Taman Bustanussalatin atau Taman Sari Banda Aceh, Kamis (4/8).

Kepada Kadin dan Hipmi Aceh, Sandiaga menyampaikan, bahwa ada 17 subsektor ekonomi kreatif dan 99 persen diantaranya adalah UMKM, seperti kuliner, kriya dan fashion, aplikasi, musik dan lain sebagainya.

Baca juga : Kabar Baik Untuk Yang Namanya Agus, Bisa Sunat Gratis Di Bulan Ini

Karena itu, dua organisasi perkumpulan para pengusaha itu harus mulai menjaring pelaku UMKM, sehingga mereka bisa naik kelas dari usaha kecil ke menengah dan menjadi usaha besar.

"Teman-teman harus bantu Pemerintah memberikan pendampingan, karena mereka ujung tombak penciptaan 1,1 lapangan kerja baru 2022, dan 4,4 juta pada 2024 di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," ujar Menparekraf dikutip Antara.

Dalam kesempatan ini, Sandiaga menuturkan, bahwa ajang AKI 2022 hadir juga sebagai bentuk pendampingan atau fasilitasi pemerintah terhadap pengembangan UMKM sektor ekonomi kreatif di Aceh.

Baca juga : Gelar Pertemuan, AHY Dan HT Bahas Politik-Ekonomi Terkini

"AKI ini adalah sarana kita untuk membangkitkan ekonomi. Presiden Joko Widodo sudah delapan tahun membangun Indonesia, dan kita akan lanjutkan dengan kebijakan yang lebih tepat sasaran, manfaat dan tepat waktu," kata Sandiaga.

Dirinya juga berpesan kepada pelaku ekonomi kreatif Aceh jangan pernah takut gagal dalam berusaha. Karena orang sukses selalu melewati periode jatuh dan gagal, dan itu bagian dari kesuksesan.

Sementara itu, Ketua Kadin Aceh, M Iqbal menegaskan, bahwa pihaknya akan melaksanakan amanah Menparekraf untuk membantu para pelaku ekonomi kreatif di Aceh. Apalagi semua sektor usaha berada di bawah organisasi itu.

Baca juga : Kriteria Capres Ideal Ekonom, Harus Bisa Stabilkan Ekonomi

"Jadi tugas kami sekarang mendata pelaku UMKM, sehingga kalau ada kesulitan permodalan kemudian pemasaran, dengan jaringan Kadin di Indonesia kita bisa membantu mereka," kata Iqbal.

Iqbal berjanji akan terus membantu memfasilitasi pelaku UMKM untuk mendapatkan modal dari berbagai perusahaan baik itu milik negara maupun dari pihak swasta. 

"Kadin akan di depan untuk membantu pada pelaku UMKM dan ekonomi kreatif di Aceh," kata Iqbal.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.