Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kemenag Gelar KSM Nasional 2022, Berikut Bidang Yang Dilombakan

Senin, 10 Oktober 2022 12:44 WIB
Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas membuka kompetisi Sains Madrasah (KSM) Ke-11 Tingkat Nasional tahun 2022, Senin (10/10).
Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas membuka kompetisi Sains Madrasah (KSM) Ke-11 Tingkat Nasional tahun 2022, Senin (10/10).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Agama kembali menggelar Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Ke-11 Tingkat Nasional tahun 2022. DKI Jakarta dipercaya menjadi tuan rumah. 

Dalam even ini, akan dilaksanakan tiga kegiatan secara bersamaan. Yakni KSM, Madrasah Young Researcher Supercamp (MYRES), dan Ekspo Hasil Riset Madrasah. 

KSM 2022 ini diikuti 374 peserta. Ratusan peserta yang berasal dari seluruh provinsi di Indonesia ini akan berkompetisi mulai tanggal 10-14 Oktober 2022.

"Kita akan menyaksikan 36 inovasi hasil penelitian paling unggul dari 9.220 siswa madrasah se-Indonesia. Kami berharap KSM dapat menjadi momentum untuk memperkokoh slogan Madrasah Mandiri Berprestasi," kata Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Islam Kementerian Agama Muhammad Ali Ramdani saat pembukaan KSM 2022 di TMII, Jakarta Timur, Senn (10/10).

Peserta KSM merupakan siswa terbaik per bidang studi di tingkat provinsi berdasarkan hasil seleksi KSM Provinsi. 

"Siswa-siswi yang hadir pada KSM Tingkat Nasional adalah insan-insan terbaik dari madrasah se-Indonesia, mereka bukan hanya membawa nama baik madrasahnya masing-masing. Namun, kami yakin mereka adalah generasi penerus harapan bangsa Indonesia," ujarnya.

Baca juga : Percasi Gelar Kejuaraan Catur Internasional Di Bali, Diikuti 20 Negara

Ali menyebut, tujuan penyelenggaran KSM ini untuk meningkatkan mutu pendidikan sains di madrasah secara komprehensif dan integratif. Di mana, Kementerian Agama menyadari pentingnya integrasi sains dan ilmu keislaman dalam proses pembelajaran. 

Dan untuk merealisasikan hal tersebut, digunakan konsep integrasi sebagai pedoman dalam penyusunan soal-soal KSM, yang meliputi. Pertama, soal sains yang terintegrasi dengan ilmu keislaman dengan menggali konsep-konsep sains (yang ada dalam Al Qur’an), yang kemudian dituangkan dalam soal.

Kedua, soal sains dengan menggali konsep serta terapan yang ada dalam Islam, semisal tema zakat, falak, dan tema lainnya yang dihubungkan dengan sains. Hal ini dimaksudkan agar siswa tetap mengkaji konsep keislaman dengan sains yang holistik dan integratif.

Ketiga, soal keilmuan sains murni, ini dilakukan sebagai upaya tetap menjaga daya saing dan daya tanding siswa-siswa madrasah dengan siswa-siswa olimpiade sains lainnya. 

Dalam KSM 2022 ini, lanjut Ali dilakukan juga kompetisi pada beberapa bidang pengetahuan. Di antara, untuk tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) Matematika Terintegrasi, Sains IPA Terintegrasi. 

Untuk Madrasah Tsanawiyah (MTs): Matematika Terintegrasi, IPA Terpadu Terintegrasi, IPS Terpadu Terintegrasi. Sedangkan untuk Madrasah Aliyah (MA) ada Matematika Terintegrasi, Biologi Terintegrasi, Fisika Terintegrasi, Kimia Terintegrasi, Ekonomi Terintegrasi, Geografi Terintegrasi. 

Baca juga : Ganjar Presiden 2024 Menggema Di Makassar

"Kami berharap, dari ananda sekalian kejayaan Indonesia dapat bangkit. Dari madrasah tidak sekedar lahir ilmuwan dan cendekiawan yang memahami ajaran keislaman yang memadai, akan tetapi juga lahir ilmuwan dan cendekiawan yang memiliki penguasaan sains yang kokoh," harap Ali.

Tak hanya itu, ujian KSM Berbasis Komputer juga akan diikuti para peserta mulai Senin (11/10) pagi. Rangkaian kegiatan KSM 2022 ini, yakni Pameran Hasil Riset Siswa Madrasah yang akan dilaksanakan hari ini setelah acara Pembukaan, hari Selasa Gedung Asrama Haji Pondok Gede.

Lalu, Talkshow bersama dengan para pakar dan ilmuwan yang akan berlangsung pada hari Rabu (12/11) ri Gedung SG 1 Asrama Haji Pondok Gede,  Ekspo Sains Madrasah dan UMKM yang akan menampilkan keunggulan madrasah dan hasil produk dalam negeri Provinsi DKI Jakarta.

Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta, Cecep Khairul Anwar mengaku, bangga dan bahagia diberikan kepercayaan sebagai tuan rumah KSM 2022. 

Sebagai orang madrasah, Cecep mengaku, sangat tahu dan paham bagaimana menjamu tamu. Dia pun berharap para peserta merasa nyaman.

"Sebuah kehormatan dapat melaksanakan amanah ini. Kami di DKI Jakarta juga memiliki 1.816 madrasah yang terdiri dari tingkat ibtidaiyah hingga aliyah," ujarnya.

Baca juga : Pimpinan Buruh Se-ASEAN Bertemu Di Jakarta, Ini Yang Dibahas

Sementara Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas menyebut, madrasah adalah pendidikan terbaik. Di mana madrasah merupakan institusi pendidikan yang lengkap, menggabungkan pendidikan duniawi dan ukhrowi. 

"Madrasah bukan lagi pilihan alternatif, namun kini menjadi sebuah destinasi," kata Yaqut saat membuka KSM 2022.

Yaqut menyebut, kehadiran robot merupakan effort dari madrasah yang berusaha mengikuti perkembangan zaman. Dengan kegiatan ini, harap dia, siswa madrash mampu menjawab tantangan global.

Yaqut pun mengucapkan selamat mengikuti kegiatan dan selamat berkompetisi kepada para peserta. 

Dia mengingatkan, dalam kompetisi ini memang ada yang kalah dan menang. Namun bagi yang kalah, jangan takut. Karena semua orang pasti pernah mengalami kekalahan.

"Saya saja sudah sering kalah. Nyalon jadi bupati, kalah. Nyalon jadi anggota DPR, kalah. Tapi sekarang malah jadi menteri," ujarnya disambut tawa dan aplaus pera peserta.■
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.