Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Ganjar Presiden 2024 Menggema Di Makassar

Minggu, 9 Oktober 2022 21:04 WIB
Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengunjungi kawasan Lorong Wisata di Kelurahan Tello Baru, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Minggu (9/10). (Foto: Istimewa)
Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengunjungi kawasan Lorong Wisata di Kelurahan Tello Baru, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Minggu (9/10). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengunjungi kawasan Lorong Wisata di Kelurahan Tello Baru, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Ganjar menyempatkan diri ke lokasi tersebut disela kunjungan kerjanya di 'Kota Daeng' itu.

Di Lorong Wisata, Ganjar membaur di tengah-tengah warga. Ratusan warga yang hadir sontak histeris meneriaki nama mantan anggota DPR RI itu. Tak sedikit di antara warga yang menyatakan dukungan ke Ganjar menjadi presiden 2024. 

"Pak Ganjar Presidenku, maju ki!" gema suara warga yang terdengar di lokasi, Minggu (9/10). 

Ganjar pun disambut warga dengan prosesi pengalungan kain Lippa Sabbe. Oleh warga setempat, Ganjar juga diiringi tradisi penyambutan tamu khas bugis Makassar, yakni Angngaru. 

Baca juga : PPP Banten Calonkan Ganjar Pranowo Presiden 2024

Setelah disambut, Ganjar ikut memanen sejumlah cabai dan ikan budidaya hasil produksi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) setempat. Ganjar bersama puluhan warga Makassar yang mengerubunginya tampak antusias mengikuti kegiatan itu. 

Ganjar mengaku senang bisa berinteraksi dan melakukan kegiatan bersama langsung dengan mereka. Menurut Ganjar, pemberdayaan UMKM di kawasan Lorong Wisata sangat bagus dan patut dicontoh. 

"Saya melihat kegembiraan warga dan tentu hari ini bisa berkomunikasi dan saya melihat kegiatan KWT (Kelompok Wanita Tani), menanam, mengoptimalkan lahan, sampai kemudian berdagang. Menurut saya ini pemberdayaan yang sangat bagus, perlu dicontoh," kata Ganjar. 

Seperti diketahui, Ganjar merupakan salah satu tokoh yang santer disebut sebagai bakal calon presiden 2024 mendatang. Dari banyak survei elektabilitas pada beberapa bulan terakhir, nama Ganjar selalu berada di tiga besar teratas. 

Baca juga : Presiden Jenguk Korban Tragedi Kanjuruhan Di Malang

Seperti hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang dirilis pada Kamis (8/9). Dalam survei itu, Ganjar diprediksi menang atas Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang diasumsikan ikut kontestasi Pilpres 2024. 

"Ganjar mendapat dukungan 44,6 persen, unggul signifikan atas Prabowo (25,7 persen) dan Anies (21,7 persen). Yang tidak menjawab 8 persen," jelas Direktur Riset SMRC Deni Irvani dalam rilis surveinya. 

Survei SMRC ini dilakukan secara tatap muka pada 5-13 Agustus 2022. Populasi survei adalah WNI yang yang punya hak pilih dalam pemilihan umum alias sudah berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan. 

Dari populasi itu dipilih secara random (stratified multistage random sampling) sebanyak 1.220 responden. Sementara, response rate (responden yang dapat diwawancarai secara valid) sebesar 1.053 atau 86 persen. 

Baca juga : Deklarasi Ganjar Capres 2024, PSI Banjir Dukungan Warganet

Margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar 3,1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen (asumsi simple random sampling).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.