Dark/Light Mode

Kemensos Gercep Kirim Bantuan Bagi Korban Gempa Di Tapanuli Utara

Sabtu, 1 Oktober 2022 18:40 WIB
Petugas menyiapkan bantuan logistik dari Kemensos yang akan dikirim untuk korban gempa di Tapanuli Utara di Sentra Insyaf Medan, Sumatera Utara, Sabtu (1/10). (Foto: Antara/Kemensos)
Petugas menyiapkan bantuan logistik dari Kemensos yang akan dikirim untuk korban gempa di Tapanuli Utara di Sentra Insyaf Medan, Sumatera Utara, Sabtu (1/10). (Foto: Antara/Kemensos)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Sosial (Kemensos) mengirimkan bantuan bagi warga yang terdampak gempa bumi di Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Sabtu (1/10).

Sesuai arahan dari Menteri Sosial Tri Rismaharini, jajaran Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam dan Sentra Insyaf Medan mendistribusikan bantuan logistik ke Tapanuli Utara.

"Dari Sentra Insyaf Medan dalam proses pengiriman bantuan. Mereka sedang dalam perjalanan. Bila lancar malam ini akan sampai di Tarutung," ujar Kepala Sentra Insyaf Medan Iman Imaddudin sebagaimana dikutip dalam siaran pers Kementerian Sosial, Sabtu (1/10).

Baca juga : Bupati Nikson Instruksikan Jajarannya Gercep Bantu Korban Gempa Taput

Bantuan Kemensos yang dikirim ke Tapanuli Utara dari Sentra Insyaf Medan meliputi makanan siap saji sebanyak 1.500 paket, makanan anak sebanyak 1.000 paket, lauk pauk siap saji sebanyak 1.000 paket, air minum kemasan 50 dus, selimut 500 lembar, dan matras 300 lembar.

Selain itu, ada bantuan berupa kasur 200 lembar, pakaian orang dewasa sebanyak 300 paket, sandang bayi 200 paket, popok 100 paket, tenda gulung 200 unit, tenda keluarga 20 unit, dan tenda serbaguna keluarga enam unit.

Pemerintah juga mengerahkan Taruna Siaga Bencana (Tagana) untuk membantu menangani dampak gempa yang terjadi di Tapanuli Utara yang terjadi Sabtu (1/10) dini hari.

Baca juga : UU Kamnas Diharapkan Bisa Tegakkan Supremasi Sipil Di Tahun Politik

Petugas Kemensos dan Tagana berkoordinasi dengan instansi terkait, mendata kebutuhan mendasar warga yang terdampak gempa serta membantu mengevakuasi korban gempa, terutama warga dalam kelompok rentan seperti orang lanjut usia, anak-anak, dan penyandang disabilitas.

Koordinator Tagana Provinsi Sumatera Utara Eka Darmayanto menyampaikan, warga sebagian masih diliputi trauma dan belum berani kembali ke rumah karena khawatir kerusakan bangunan rumah bisa membahayakan keselamatan mereka.

"Untuk itu, Kemensos melalui Tagana Sumut telah menyiapkan tenda keluarga sebanyak empat unit," ujar Eka.

Baca juga : Gercep, Golkar DKI Sambangi Dan Beri Bantuan Korban Kebakaran Di Jalan Cikini Menteng

Sekadar informasi, wilayah Tapanuli Utara diguncang gempa pada Sabtu (1/10) pukul 02.28 WIB. Gempa yang pusatnya berada pada kedalaman 10 km di sekira 15 km barat laut Tapanuli Utara itu diikuti serentetan gempa susulan. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.