Dewan Pers

Dark/Light Mode

Kemenag Pastikan Pelaksanaan MTQ Nasional Ke-29 Bakal Adil Dan Tanpa Intervensi 

Kamis, 13 Oktober 2022 10:27 WIB
Caption Foto: Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (menggunakan masker) didampingi Direktur Jenderal Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin (paling kiri) memanjatkan doa usai melantik dewan pengawas, dewan hakim, dan panitera MTQ Nasional ke-29 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Rabu (12/10). (Foto : ist)
Caption Foto: Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (menggunakan masker) didampingi Direktur Jenderal Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin (paling kiri) memanjatkan doa usai melantik dewan pengawas, dewan hakim, dan panitera MTQ Nasional ke-29 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Rabu (12/10). (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Agama memastikan perhelatan Musabaqah Tiwalatil Qur’an (MTQ) Nasional Ke-29 di Banjarmasin Kalimantan Selatan, berjalan dengan fair dan tidak dapat diintervensi siapapun.

Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kemenag yang didapuk sebagai salah satu penyelenggara, telah memperketat seluruh tahapan seleksi anggota dewan pengawas, hakim hingga panitera MTQ, yang diikuti oleh ribuan qori-qoriah dan hafiz-hafizah se-Indonesia.

Dirjen Bimas Kemenag, Kamaruddin Amin mengatakan, dewan pengawas, hakim dan panitera dalam kontestasi ini, adalah insan-insan terpilih yang integritasnya, ilmu serta pengalamannya sebagai ahli agama, telah diuji dan teruji dengan baik.

Berita Terkait : Ke Kalsel, Ganjar Semangati Anak-anak Kafilah MTQ Nasional 2022 Dari Jateng

Kemudian, tambah Kamaruddin, setelah melewati berbagai uji kompetensi, Kemenag kemudian melantik ketiganya yang akan menjadi penentu menang kalahnya para peserta kontestasi MTQ. 

“Jika dilihat dari sosok, integritas, pengalaman, ilmu, serta wawasan keislaman dan kebangsaan para dewan penasehat, hakim, serta panitera yang dilantik hari ini, Insya Allah kompetisi MTQ Nasional akan berjalan fair, bebas dari kepentingan, keinginan maupun intervensi siapapun,” kata Kamaruddin Amin kepada wartawan, Kamis, (13/10).

Dia bilang, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang langsung melantik tujuh dewan pengawas, 135 dewan hakim dan 26 panitera dalam MTQ Nasional Ke-29 di Banjarmasin, Kalsel, Rabu (12/10).

Berita Terkait : Erick: FIFA Janjikan Dukungan Maksimal Untuk Perbaikan Sepak Bola Indonesia

Alhamdulillah, 168 putera-puteri terbaik bangsa yang menempati posisi dewan pengawas, hakim dan panitera, telah dilantik oleh Gus Menteri, setelah mengambil sumpah secara agama maupun etika, berjanji akan berlaku adil sebagai juri dalam kontestasi MTQ Nasional tahun ini,” tutur Kamaruddin Amin.

Terkait kesiapan keseluruhan MTQ Nasional, Kamaruddin memastikan penyelenggara telah menyiapkan seluruh infrastruktur utama hingga penunjang. 

“Tadi saya cek langsung, Insya Allah seluruh perlengkapan, kelengkapan, infrastruktur utama maupun penunjang, siap untuk melayani qori-qoriah dan hafid-hafidzah terbaik bangsa Indonesia,” pungkas Kamaruddin.

Berita Terkait : Bank DKI Jalin Sinergi Dengan BPJS Kesehatan