Dark/Light Mode

Kominfo Perkenalkan Konsep Bisnis Digital

Sabtu, 15 Oktober 2022 12:38 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama Siberkreasi kembali gelar webinar literasi digital di wilayah Sumatera.

Kali ini temanya Konsep Bisnis Digital: Manajemen Katalog Produk Online. Ada tiga narasumber yang memberi materi kepada 1.300 peserta.

Pertama, Direktur Program Literasi Digital Digimom Lusi Ayu Daningsih. Dia membahas mengenai konsep manajemen katalog produk online ditinjau dari perspektif cakap digital.

Baca juga : Kominfo Bagikan Tips Bikin Konten Viral

"Empat tips yang harus diketahui untuk melakukan pemasaran berbasis e-commerce ads. Pertama, pastikan Anda sudah membuat toko online. Kedua, tentukan target pasar Anda. Ketiga, gunakan kampanye yang terstruktur. Terakhir, Selalu lakukan evaluasi," papar Lusi Ayu Daningsih.

Kemudian, Denisa Nur selaku Head of RnD Urban Sakola memperkaya pembahasan mengenai konsep manajemen katalog produk online ditinjau dari perspektif etis digital.

Dia memaparkan 3 etika dasar dalam mengelola katalog produk. Pertama, hindari mencantumkan berita palsu. Kedua, informasikan deskripsi produk secara jelas dan baik.

Baca juga : Pemerintah Perkuat Kebijakan Satu Data

"Ketiga, gunakan foto produk yang asli," ujar Denisa Nur.

Materi terakhir disampaikan Aji Kresno selaku Ketua Program Studi Manajemen Pemasaran dan Praktisi LIterasi Digital. Ia melengkapi pembahasan mengenai konsep manajemen katalog produk online ditinjau dari perspektif pilar aman digital.

Aji mengatakan, ada 3 tips aman dan nyaman melakukan pengelolaan katalog produk. Pertama, selalu memberikan watermark pada foto produk yang Anda gunakan. Kedua, amankan admin panel dan server serta gunakan password yang kuat dan ganti password secara berkala.

Baca juga : Kamaya Wedding Venue Bali, Vendor Pernikahan Dengan Konsep 8 Filosofi

"Terakhir, edukasi tim kerja e-commerce untuk tidak sembarangan men-download file, mengklik link atau mengakses website dan juga berhati hati saat memakai wifi publik," tandasnya. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.