Dark/Light Mode

Kominfo Dorong Pelaku Usaha Sulap Medsos Jadi Lapak Dagang

Sabtu, 15 Oktober 2022 14:10 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terus mendorong program literasi digital dengan menggelar webinar di wilayah Sumatera.

Kali ini temanya, 'Selling Through Social Media'. Webinar yang digelar bersama tim Siberkrasi ini menghadirkan tiga praktisi literasi digital sebagai narasumber.

Yakni Virna Lim, Ketua Umum Sobat Cyber Indonesia; Sukma Nurjagat, Relawan MAFINDO Jakarta; serta Julita Hazeliana, Komite Edukasi MAFINDO.

Baca juga : Biru Jangan Jadi Duri Dalam Daging

"Salah satu bentuk pemasaran yang marak digunakan akhir-akhir ini adalah pemasaran menggunakan media digital yang menggunakan platform media sosial dan situs web jaringan untuk mempromosikan produk atau jasa," kata Virna dikutip Sabtu (15/10). 

Dia melanjutkan, ada lima tips untuk meningkatkan penjualan melalui sosial media. Pertama, selalu tentukan target potensial atau market penjualan. Kedua, gunakan caption, hastag yang menarik di setiap postingan.

Ketiga, selalu respon setiap kali ada pelanggan atau audiens yang komentar atau mengirim pesan langsung ke sosial media kita. Keempat, tentukan platform sosial media yang tepat dengan target penjualan.

Baca juga : Bahlil: Investasi Sektor Pertambangan Mahal, Tapi Bisa Buka Lapangan Kerja

"Terakhir, jangan lupa untuk melakukan promosi seperti diskon setiap kali melakukan posting produk anda," papar Virna Lim.

Sementara Sukma Nurjagat memperkaya pembahasan mengenai konsep selling through social media ditinjau dari perspektif etis digital.

Menurutnya, ada empat etika yang perlu diperhatikan ketika bertransaksi di ruang digital. Pertama, selalu mendaftarkan diri sesuai dengan persyaratan yang dibuat platform media sosial. Baik sebagai pembeli, maupun penjual.

Baca juga : PBNU: Forum R20 Dorong Nilai Agama Tak Sekadar Jadi Stempel

Kedua, selalu berusaha mengetahui dan memahami seluruh fitur yang tersedia agar memudahkan dalam bertransaksi. Ketiga, pastikan perangkat digital yang digunakan untuk transaksi sudah aman.

"Terakhir, baik penjual maupun pembeli sebaiknya memberikan layanan bantuan yang mudah untuk di akses," ujar Sukma.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.