Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Mendes: Teknologi Tepat Guna Bikin Desa Makin Maju

Rabu, 19 Oktober 2022 22:42 WIB
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar. (Foto: Humas Kemendes PDTT)
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar. (Foto: Humas Kemendes PDTT)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menyebut teknologi tepat guna (TTG) menjadikan desa menatap masa depan dengan lebih optimistis.

"Inovasi teknologi selalu bertindak sebagai pegas, yang membuat negara, daerah dan desa melompat lebih jauh, membuat masa depan lebih optimistis," kata Kepala Badan Pengembangan dan Informasi (BPI) Desa PDTT Ivanovich Agusta, saat menghadiri Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara (GTTGN), di Cirebon, Rabu (19/10).

Ia mengatakan, saat ini desa telah berhasil mengubah kurva difusi inovasi. Proyek inovasi desa sepanjang 2017-2018 berhasil mengompilasi lebih dari 20.000 desa penghasil inovasi, atau 29 persen dari populasi desa Nusantara.

Baca juga : Gus Halim: Teknologi Tepat Guna Tingkatkan Produktivitas Desa

"Kenyataan di lapangan, pastilah lebih dari itu," ucapnya.

Menurutnya, kini desa telah berhasil membuka ruang inovasi lebih luas, yaitu menguatkan ekosistem inovasi desa. Dalam kesempatan itu, Ivan juga mengatakan Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara sejatinya mempertemukan inventor dengan pasar.

"Maka itu, sepanjang pelaksanaan GTTGN ini juga disediakan ruangan 'business meeting'," katanya.

Baca juga : Teknologi Tepat Guna XXIII 2022 Digelar Di Cirebon

Dalam kesempatan sama, Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar mengatakan saat ini penggunaan TTG di desa sudah semakin marak, baik untuk pertanian, peternakan, dan budidaya perikanan.

Sehingga, dengan digunakannya TTG tersebut dapat meningkatkan produksi serta nilai tambah bagi masyarakat yang bertempat tinggal di desa.

Mendes mengharapkan, teknologi tepat guna dapat lebih memudahkan masyarakat desa dalam melakukan pekerjaannya.

Baca juga : Menteri Tito: Pj Gubernur DKI Bisa Diganti Setahun

"Dengan teknologi dapat memudahkan dan menguntungkan masyarakat desa, serta membuka kesadaran warga desa menggunakan teknologi tepat guna untuk menjadikan nilai tambah," tuturnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.