Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

JK Soal Anies Sering Dikritik

Makin Dipukul, Makin Mantul

Sabtu, 24 September 2022 06:50 WIB
Anies Baswedan dengan Jusuf Kalla. (Foto: Istimewa).
Anies Baswedan dengan Jusuf Kalla. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Anies Baswedan termasuk tokoh potensial capres yang paling banyak diserang. Apakah serangan itu, akan menurunkan pamor Anies? Mantan Wapres Jusuf Kalla (JK) yang disebut-sebut sebagai pendukung Anies, yakin jagoannya itu akan tambah mantul meski banyak dipukul.

Hal tersebut disampaikan JK saat tampil di YouTube Karni Ilyas Club. Sebenarnya, wawancara itu dilakukan, Rabu (21/9), tapi potongan videonya viral, kemarin. Di acara itu, JK berbicara soal peluang Anies di Pilpres 2024. Untuk sementara ini, JK mengakui elektabilitas Anies masih di bawah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Baca juga : Anies-AHY Semoga Segera Dipersatukan Di ``Pelaminan``

"Kalau saya baca survei dari berbagai lembaga, memang Anies selalu berada di tiga besar, tapi Pak Prabowo dan Ganjar lebih tinggi (elektabilitasnya)," kata JK, membuka obrolan dengan pemandu acara, Karni Ilyas.

Berdasarkan survei terbaru Charta Politika, elektabilitas Anies berada di urutan ketiga, di bawah Ganjar dan Prabowo. Elektabilitas Ganjar berada di angka 37,5 persen, Prabowo mendapat 30,5 persen, sedangkan Anies 25,2 persen.

Baca juga : Menara Syariah Dan Sedayu Watertown District Diyakini Tarik Pelaku Usaha

Kendati Anies masih ada di peringkat 3, JK pede, survei tersebut dapat berubah, mengingat Pilpres 2024 masih menyisakan dua tahun lagi.

JK lalu berbicara mengenai banyaknya kritik yang disampaikan ke Anies. Di medsos misalnya, Anies sering direndahkan. JK yakin, kondisi ini tidak bakal membuat pamor Anies padam. Justru, kritik tersebut dapat membuat elektabilitas Anies meningkat.

Baca juga : Awas LSM Asing Di Balik Gerakan Pendukung Kemerdekaan Papua

"Makin dikritik orang, makin merasa direndahkan, rakyat tuh mendukung orang yang merasa ditekan," jelasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.