Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Mentan Belgia Apresiasi Pengembangan Bibit Sapi Unggul Indonesia

Rabu, 26 Oktober 2022 21:25 WIB
Menteri Usaha Kecil, Wiraswasta, UMKM dan Pertanian Belgia, David Clarinval (dua dari kanan) saat kunjungan kerja ke Balai embrio Ternak Cipelang, Bogor, Senin (2/10). (Foto: Istimewa)
Menteri Usaha Kecil, Wiraswasta, UMKM dan Pertanian Belgia, David Clarinval (dua dari kanan) saat kunjungan kerja ke Balai embrio Ternak Cipelang, Bogor, Senin (2/10). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Usaha Kecil, Wiraswasta, UMKM dan Pertanian Belgia, David Clarinval memberikan apresiasi terhadap pengembangan Bibit Sapi Unggul asal Belgia di Indonesia.

Hal tersebut Ia sampaikan saat melakukan kunjungan balasan ke Indonesia dengan melihat salah satu lokasi pengembangan sapi Belgian Blue di Balai Embrio Ternak Cipelang Bogor, Senin (24/10).

Pada kesempatan tersebut David Clarnival menyampaikan, pihaknya memberikan apresiasi terhadap usaha Indonesia dalam mengembangkan sapi Belgian Blue.

"Saya sangat senang karena pengembangan sapi Belgian Blue ini berjalan sangat baik. Saya juga terkesan dengan profesionalisme BET Cipelang dalam mengembangkan Belgian Blue," ungkapnya.

Baca juga : Wapres Pimpin Badan Pengarah Pembangunan Papua, Ini Tugasnya

Lebih lanjut Clarnival menjelaskan, kerjasama bilateral antara Indonesia dan Belgia telah berlangsung sangat lama. Oleh karena itu, ia merasa senang karena kolaborasi yang dilakukan antar dua negara telah berjalan sangat baik.

"Semoga kerja sama yang saling menguntungkan ini dapat berlanjut dan hubungan kedua negara juga semakin erat," imbuhnya.

Sebagai informasi, kunjungan Mentan Belgia ke BET Cipelang ini merupakan tindak lanjut dan langkah nyata implementasi Letter of Intens yang telah ditanda tangani Menteri Pertanian kedua negara tahun 2021.

Kedua negara sepakat untuk penguatan kerja sama pertanian bilateral di bidang kualitas dan keamanan kesehatan hewan.

Baca juga : Mentan Terima Penghargaan Kampus Pertanian Se-Indonesia

Sementara itu, Agung Suganda, Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak menyampaikan, untuk meningkatkan produktivitas ternak, maka Kementan mengembangkan sapi jenis baru, salah satunya Belgian Blue (BB).

Pengembangan sapi BB ini telah dilakukan selama 6 tahun terakhir melalui embrio dan semen beku yang diimpor dari Belgia.

"Hari ini kita mendapatkan kunjungan kehormatan dari Menteri Pertanian Belgia bersama duta besar Belgia untuk Indonesia dalam rangka melihat peluang dan potensi kerja sama antara Indonesia dan Belgia dalam rangka pengembangan Sapi Belgian Blue di Indonesia," jelas Agung Suganda.

Ia menyebutkan, sampai saat ini, BET Cipelang telah memproduksi sekitar 266 embrio dari Belgian Blue. Pejantan Sapi BB yang ada di BIB nasional juga sudah memproduksi sekitar 118.693 semen beku untuk didistribusikan ke peternak.

Baca juga : Pengamanan Siber G20 Dijamin Tak Ganggu Sinyal Ponsel Warga

"Tercatat sebanyak 6.888 dosis semen beku telah digunakan untuk Inseminasi Buatan dan menghasilkan kelahiran sapi BB sebanyak 1.426 ekor," imbuhnya lebih lanjut.

Menurut Agung, Sapi BB telah tersebar di 8 provinsi di Indonesia diantaranya: Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Papua.

Dia pun mengungkapkan, selain digunakan sebagai upaya pemenuhan produksi daging, keberadaan Belgian Blue juga digunakan untuk disilangkan dengan sapi lokal untuk meningkatkan perototan sapi lokal.

"Kami berharap dengan pengembangan sapi BB ini, dapat menambah keragaman genetik dan peningkatan produktivitas pada sapi di Indonesia. Sehingga cita-cita swasembada daging khususnya yang berasal dari daging sapi dapat terpenuhi," pungkas Agung. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.