Dark/Light Mode

Joss, Menkes Budi Gunadi Sadikin Terpilih Jadi CEO Of The Year Regional Asia Pasifik

Sabtu, 29 Oktober 2022 14:10 WIB
Joss, Menkes Budi Gunadi Sadikin Terpilih Jadi CEO Of The Year Regional Asia Pasifik

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin terpilih menjadi CEO of the Year Regional Asia-Pasifik dalam ajang Future Enterprise Awards (FEA) 2022.

Kabar ini diumumkan dalam IDC’s Digital Transformation (DX) Summit di Singapura, Kamis (26/10).

Penghargaan ini diberikan kepada Menkes Budi, atas perannya dalam menginisiasi dan memimpin transformasi digital, untuk peningkatan sistem pelayanan kesehatan di Indonesia.

Baca juga : Disalip Qatar, Indonesia Gagal Jadi Tuan Rumah Piala Asia

“Penghargaan ini merupakan suatu kehormatan dan dorongan bagi kami untuk tidak berhenti berupaya dalam meningkatkan pelayanan kesehatan yang responsif, inovatif, dan efisien melalui penerapan berbagai program transformasi kesehatan,” tutur Menkes Budi.

Ajang penghargaan ini merupakan kelanjutan dari FEA 2022, sebelumnya yang digelar di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Seluruh pemenang dari berbagai negara, dipilih kembali untuk mewakili masing-masing regional.

Baca juga : Menkes Budi Gunadi Raih Penghargaan CEO of the Year di Ajang Future Of Enterprise Awards

FEA 2022 menjadi ajang untuk menampilkan industri dan pemimpin, yang berhasil memanfaatkan dan memprioritaskan digitalisasi (digital-first), sebagai solusi dalam menghadapi tantangan. Serta mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi dunia yang serba cepat.

Digital-first merupakan evolusi transformasi digital berikutnya. Melalui FEA 2022, IDC terus berupaya menemukan mereka yang telah menerapkan strategi digital-first dan teknologi dalam meningkatkan daya saing. Serta menciptakan keberhasilan melalui inovasi di tengah situasi ketidakpastian,” kata Sandra Ng, Group Vice President and General Manager, IDC Asia Pacific dalam keterangan persnya.

Menkes Budi dinilai sebagai seorang profesional, yang dapat memanfaatkan pengalamannya di bidang teknologi informasi, dalam mengembangkan sistem dan pelayanan kesehatan menjadi jauh lebih baik. Melalui enam pilar transformasi kesehatan.

Baca juga : Budi Gunadi Sadikin, Tokoh Pengendali Pandemi Dan Pemulihan Kesehatan Nasional

Yaitu transformasi layanan primer, transformasi layanan rujukan, transformasi sistem ketahanan kesehatan, transformasi sistem pembiayaan kesehatan, transformasi sumber daya manusia (SDM) kesehatan dan transformasi teknologi kesehatan.

Untuk mewujudkan keenam pilar tersebut, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memanfaatkan teknologi informasi seperti artificial intelligence (AI), internet of things (IoT), cloud dan keamanan siber. Demi menghadirkan layanan kesehatan yang cepat, mudah, presisi dan merata di seluruh wilayah di Indonesia.

Aktivitas ini tertuang dalam Cetak Biru Strategi Transformasi Digital Kesehatan 2024. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.