Dark/Light Mode

Wow Keren, Mantu Laksamana Sukardi Terpilih Jadi Desainer Koin 1 Poundsterling Inggris

Rabu, 11 Mei 2022 10:03 WIB
Michael Armitage, menantu mantan Menteri BUMN Laksamana Sukardi, yang terpilih menjadi desainer koin 1 poundsterling Inggris. (Foto: ArtColLab)
Michael Armitage, menantu mantan Menteri BUMN Laksamana Sukardi, yang terpilih menjadi desainer koin 1 poundsterling Inggris. (Foto: ArtColLab)

RM.id  Rakyat Merdeka - Michael Armitage, seniman sekaligus menantu mantan Menteri BUMN Laksamana Sukardi terpilih untuk mendesain koin Inggris pecahan 1 poundsterling. Seperti telah diumumkan Kanselir Inggris, Rishi Sunak.

Desain baru untuk sisi belakang koin yang akan diumumkan pada akhir tahun ini, bakal menandai ulang tahun koin 1 poundsterling ke-40 pada tahun depan.

 

 

Baca juga : Lagi, Ahli Kesehatan Bantah Vaksin Covid Jadi Biang Kerok Hepatitis Akut Misterius

"Suatu kesempatan istimewa, dapat berkolaborasi dengan perusahaan percetakan uang Inggris, Royal Mint dalam desain koin 1 yang baru," ungkap Armitage seperti dilansir The Independent, Selasa (10/5).

"Saya sangat berterima kasih kepada kanselir dan seluruh tim seleksi, atas kesempatan bersejarah ini. Sehingga, bisa merasakan pentingnya menjadi bagian dari Inggris Raya," imbuhnya.

Kepala Eksekutif Royal Mint Anne Jessopp mengatakan, koin 1 poundsterling adalah simbol Inggris yang diakui di seluruh dunia.

Dia mengaku sangat senang, dapat bekerja sama dengan Michael Armitage untuk menciptakan desain baru, yang merayakan keragaman masyarakat dan budaya Inggris. 

Baca juga : Demo Pro Imran Khan Berlanjut, Shehbaz Sharif Terpilih Jadi PM Baru Pakistan

"Ini adalah desain baru 1 poundsterling pertama sejak 2017, yang akan menggabungkan 1.100 tahun kreasi kami, dengan desain mutakhir menuju Inggris modern," papar Anne Jessopp.

Armitage yang lahir di Nairobi, Kenya pada tahun 1984, saat ini tinggal dan bekerja antara London dan Nairobi.

Awal tahun ini, Royal Academy of Arts London mendaulat Armitage sebagai Royal Academician, dalam kategori seni lukis. Dengan keahlian dalam desain dan seni koin.

Koin 1983 1 poundsterling sepenuhnya didesain ulang pada tahun 2017, termasuk pengenalan fitur keamanan baru.

Baca juga : Tok! Liana Bratasida Terpilih Jadi Ketum Asosiasi Industri Pulp Dan Kertas

"Desain ini akan menjadi standar peredaran koin 1 poundsterling, dengan fitur keamanan tertinggi untuk menghindari pemalsuan," kata Departemen Keuangan Inggris dalam pernyataannya.

Dalam pidatonya pada Selasa (10/5), Ratu Elizabeth mengungkap rencana untuk menerbitkan Undang-Undang yang melindungi masa depan uang tunai. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.