Dark/Light Mode

Sambangi WNI Di Malaysia, Mahfud Tekankan Jaga Martabat Indonesia Di Luar Negeri

Rabu, 9 November 2022 20:45 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD (kedua kanan) saat meninjau pelayanan perlindungan KBRI Kuala Lumpur, bagi WNI, Rabu (9/11). (Foto: Dok. Kemenko Polhukam)
Menko Polhukam Mahfud MD (kedua kanan) saat meninjau pelayanan perlindungan KBRI Kuala Lumpur, bagi WNI, Rabu (9/11). (Foto: Dok. Kemenko Polhukam)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, (Menko Polhukam) Mahfud MD meninjau pelayanan perlindungan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur, bagi warga negara Indonesia (WNI) yang mengalami masalah di Malaysia.

Pada kesempatan ini, Mahfud mengakui bahwa masih ada sejumlah warga negara Indonesia yang bermasalah di luar negeri.

"Saat ini, masih ada WNI yang bermasalah di luar negeri. Pemerintah telah memilih pejabat yang peduli dalam membantu WNI," ujar Mahfud, didampingi Dubes RI di Kuala Lumpur, Hermono dan Deputi Bidang Koordinasi Luar Negeri Kemenko Polhukam, Rina Soemarno, seperti keterangan yang diterima RM.id, Rabu (9/11).

Baca juga : Sering Disalahkan Karena Harga BBM Naik, Ahok Buka Suara Nih

Dalam pertemuannya dengan WNI yang sedang dalam perlindungan KBRI maupun perwakilan WNI yang bekerja di Kuala Lumpur, Mahfud menekankan pentingnya menjaga martabat bangsa.

"Martabat Indonesia di luar negeri mesti dijaga bersama-sama oleh semua Warga Negara Indonesia," tambah Mahfud.

Dalam dialog yang difasilitasi oleh KBRI, para WNI menyampaikan apresiasi kepada Mahfud untuk penyelesaian kasus-kasus yang menjadi perhatian publik, serta KBRI Kuala Lumpur yang dianggap egaliter dan berpihak kepada WNI.

Baca juga : Sambut Hari Diabetes, Sun Life Indonesia Gelar Edukasi Hidup Sehat

Sementara itu, kepada Mahfud, Dubes Hermono menyampaikan, berbagai upaya telah dilakukan oleh KBRI Kuala Lumpur dalam rangka melindungi WNI.

"Tidak hanya dari sisi hukum, tetapi juga dari sisi kemanusiaan," papar Dubes Hermono sembari mengajak Menko Polhukam Mahfud MD mengunjungi shelter perlindungan WNI yang mengalami masalah di Malaysia.

Mahfud mengunjungi negeri Jiran Malaysia sebagai destinasi pertama sebelum melanjutkan perjalanan pada Rabu (9/11), sementara Kamis (10/11) besok ke Phnom Penh, Kamboja, untuk menghadiri KTT ASEAN ke-40 dan 41, dimana Indonesia akan menerima kepercayaan sebagai Ketua ASEAN yang baru. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.