Dark/Light Mode

Kompetisi Audio Mobil Pertama di Indonesia Digelar, Bamsoet Jadi Juri

Kamis, 20 Oktober 2022 12:24 WIB
Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo (berbatik biru) saat menjadi juri dalam Indonesia Car Audio Tuning Endurance Battle 2022, di Black Stone Garage, Jakarta, Kamis (20/10). (Foto: Dok. IMI)
Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo (berbatik biru) saat menjadi juri dalam Indonesia Car Audio Tuning Endurance Battle 2022, di Black Stone Garage, Jakarta, Kamis (20/10). (Foto: Dok. IMI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengapresiasi penyelenggaraan Indonesia Car Audio Tuning Endurance Battle 2022, kompetisi upgrade audio mobil pertama di Indonesia. Kompetisi ini diselenggarakan atas kolaborasi media otomotif online SoundandMachinecom dengan konten kreator kanal YouTube Pengepul Mobil, didukung Black Stone Garage sebagai rumah besar bagi komunitas otomotif, tempat bertemunya beragam elemen ekosistem industri dan kreativitas anak muda di bidang otomotif.

Bamsoet, sapaan akrab Bambang, didaulat sebagai juri kehormatan yang memberikan penilaian secara non-teknis kepada keenam mobil peserta kontes, dengan cara memutar satu lagu. Peserta nomor 3 Steven dari AJM Audioworks berhasil menjadi pemenang, dan mendapatkan Piala Bamsoet’s Choice.

Indonesia Car Audio Tuning Endurance Battle 2022 akan diadakan beberapa seri. Seri pertama telah sukses diselenggarakan pada 18-19 Oktober 2022 di Black Stone Garage dengan menghadirkan enam car audio installer terbaik di Jakarta untuk saling beradu skill. Yakni AJM Audioworks, BestBuddyShop, Begja Autotronics, Duta Audioworks, CAS Audio, dan Bronson Audio.

Baca juga : Disalip Qatar, Indonesia Gagal Jadi Tuan Rumah Piala Asia

“Mereka ditantang melakukan instalasi audio mobil serta tuning di merek dan jenis mobil yang sama, menggunakan peranti audio dan material yang sama yang telah disediakan," ujar Bamsoet, dalam Indonesia Car Audio Tuning Endurance Battle 2022, di Black Stone Garage, Jakarta, Kamis (20/10). Turut hadir antara lain, Founder Pengepul Mobil Jacki Suwandi, dan Editor in-Chief SoundandMachinecom Eko Putranto. Hadir pula Jajaran BOS Production sebagai pengelola Black Stone Garage, antara lain Direktur Utama Hendra Noor Saleh, dan Direktur Operasional Djoko Iman Santoso.

Ketua MPR ini menjelaskan, keenam instalatur peserta tersebut memodifikasi dan melakukan tuning audio mobil Toyota Kijang Innova Reborn tipe G bermesin diesel keluaran tahun 2017-2020 dengan kondisi standar. Keenam mobil yang digunakan peserta merupakan milik dari para followers konten kreator otomotif Pengepul Mobil yang sudah melalui tahap verifikasi dan inspeksi.

"Selain mobil yang sama, keenam instalatur peserta juga harus melakukan upgrade audio dengan konsep instalasi yang sama, yaitu 2-way OEM. Dimana instalasinya mengikuti bentuk OEM atau standar bawaan pabrik dari mobil yang dimodifikasinya," jelas Bamsoet.

Baca juga : Jangan Terlena, Waspada Krisis

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menerangkan, khusus subwoofer, para instalatur harus membuatkan boks khusus dari material yang disediakan, langsung di lokasi acara. Terbuat dari bahan kayu MDF dan material kulit yang disediakan panitia, serta batas waktu yang telah ditentukan, yaitu 60 menit.

Instalatur peserta juga diwajibkan memakai komponen yang telah disediakan. Antara lain peredam Zero Solutions, head unit Asuka, Digital Signal Processor Alpine, Subwoofer pasif Hertz, Speaker Pioneer, kabel Pitch and Timbre, dan power amplifier Zapco serta Aki Massiv. Peserta juga diwajibkan untuk memasang sarung jok, sarung setir, dan wrapping bodi selama instalasi berlangsung, sebagai standar pengerjaan instalasi.

"Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memajukan industri aftermarket otomotif. Khususnya di bidang audio mobil, baik dari sisi kompetisi yang belum pernah diadakan dan beda dari kompetisi reguler biasa, maupun dari sisi aspek bisnis supaya lebih menggiatkan industri audio mobil agar bisa memberikan kontribusi bagi perekonomian nasional," pungkas Bamsoet.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.