Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sering Disalahkan Karena Harga BBM Naik, Ahok Buka Suara Nih

Rabu, 9 November 2022 09:05 WIB
Komisaris Utama Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). (Foto: Instagram @basukibtp)
Komisaris Utama Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). (Foto: Instagram @basukibtp)

RM.id  Rakyat Merdeka - Politikhariini mengunggah meme Komisaris Utama PT Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok, mengangkat satu tangan dengan telapak tangan terbuka.

Di dalam meme itu, ada beberapa pernyataan Ahok. Dia menegaskan, bukan sebagai tokoh utama yang menentukan naik atau turunnya harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Dia bilang, statusnya hanya berada di posisi kelima pemangku kepentingan di Pertamina.

“Saya boleh sampaikan ya, banyak orang pikir naiknya BBM, turunnya BBM, salahnya Ahok. Pokoknya kalau apa-apa Ahok yang salah. Tapi memang faktanya, kita itu terlalu takut untuk sub­sidi langsung ke rakyat,” kata Ahok.

Baca juga : Zidane Ngarep Warga Dukung Prancis Juara

“Pak BTP akhirnya buka suara karena ser­ing disalahkan akibat naiknya harga BBM,” ujar Politikhariini dalam caption-nya.

Akun @autobota5699 membela Ahok. Kata dia, Ahok hanya sebagai komisaris utama (Komut) PT Pertamina. Sehingga, Ahok tidak berhak menaikkan dan menu­runkan harga BBM.

“Ahok hanya menjalankan tugas seba­gai komisaris, sedangkan yang mengatur harga BBM itu Presiden,” sambung @Awondatu_vina.

Baca juga : Harga Beras Naik, Zul Kena Sorot Jokowi

Akun @Ar_akramAR mengulang pernyataan Ahok. Kata dia, Ahok hanya orang ke-5 sebagai penentu kenaikan harga BBM. Dia menjelaskan penentu nomor 1 sampai 4.

“Pertama, Presiden Jokowi. Kedua, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan. Ketiga, Menteri BUMN Erick Thohir. Keempat, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati,” jelas dia.

Kata @Ignastherry, kendati hanya orang ke-5 dalam memutuskan harga BBM, Ahok berhasil mempertahankan re­kor selalu untung untuk PT Pertamina.

Baca juga : Sahabat Sandi Gelar Bazar Sembako Murah Di Lampung

Kata @Fadlur_Rochman, komisaris itu tugasnya memantau jalannya perusahaan. “Komisaris ditunjuk oleh pemilik saham, dalam hal ini negara sebagai pemilik terbesar saham Badan Usaha Milik Negara (BUMN),” jelas @ Fadlur_Rochman.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.