Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Terima Kunjungan PEKKA

Gus Halim Kampanyekan Peran Penting Perempuan dalam Pembangunan Desa

Kamis, 10 November 2022 20:32 WIB
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar saat menerima kunjungan sejumlah Peserta Forum Nasional (Fornas) Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA) IV tahun 2022, di Kantor Kemendes PDTT, Jakarta pada Kamis (10/11). (Foto: Humas Kemendes PDTT)
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar saat menerima kunjungan sejumlah Peserta Forum Nasional (Fornas) Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA) IV tahun 2022, di Kantor Kemendes PDTT, Jakarta pada Kamis (10/11). (Foto: Humas Kemendes PDTT)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) telah membuat berbagai kebijakan dalam memberikan ruang seluas-luasnya bagi perempuan untuk terlibat di desa.

Pasalnya, peran perempuan sangat penting dalam pembangunan desa, tidak sekadar pelengkap.

Pesan ini disampaikan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar saat menerima kunjungan sejumlah Peserta Forum Nasional (Fornas) Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA) IV tahun 2022 di Kantor Kemendes PDTT, Jakarta, Kamis (10/11).

Baca juga : Hadiri Ajang International Book Fair, Gus Halim Kampanyekan Pentingnya Literasi

"Di dalam kebijakan kami di dalam musyawarah desa pun, perempuan ditempatkan bukan sekadar kata-kata. Tapi definisinya menjadi penting, karena PEKKA harus diundang dalam forum musyawarah didesa, karena PEKKA memiliki peran yang sangat besar didalam perencanaan," tegas Menteri yang akrab disapa Gus Halim ini.

Bahkan, lanjut Gus Halim, terdapat satu SDGs Desa dari 18 SDGs Desa yang menjadi satu ukuran agar tercapainya pembangunan yang diharapkan didesa yakni SDGs Desa tentang keterlibatan perempuan dalam pembangunan di desa.

"Ada satu arah tujuan yang hanya membahas keterlibatan perempuan di desa. Ini kita munculkan betul pada level desa atau kita rumuskan di SDGs desa bahwa posisi perempuan didalam totalitas arah kebijakan pembangunan itu memiliki posisi yang amat sangat strategis," tuturnya.

Baca juga : Gus Halim Kampanyekan Pentingnya Literasi

Dalam pertemuan tersebut, Gus Halim juga mengapresiasi apa yang telah di lakukan oleh PEKKA di Indonesia.

"Saya tidak bisa berkomentar. Ini sangat luar biasa. Saya sangat kagum dengan apa yang telah dilakukan PEKKA Indonesia. Kemandirian perempuan sudah teruji. Indonesia, bangsa kita butuh perempuan yang sangat luar biasa. Menurut saya, ini adalah tokoh-tokoh mulia di wilayah masing-masing yang telah berjuang untuk kepentingan bangsa dan negara," puji Gus Halim.

Sementara itu, Koordinator Pendidikan Akademi Paradigta PEKKA Indonesia, Siti Zamraini Alauti yang memimpin rombongan menyampaikan, sejak 2001 hingga 2022, PEKKA telah membentuk koperasi primer dan sekunder di sejumlah wilayah.

Baca juga : Kemendes PDTT Gandeng Pertides Percepat Pembangunan Desa

Serta, satu induk koperasi yang dinamakan Koperasi PEKKA Nusantara. Semua dibentuk dengan modal swadaya.

"Koperasi telah memberikan pinjaman untuk digunakan dalam membangun usaha, kebutuhan keluarga seperti membangun rumah, pendidikan anak, kesehatan dan lainnya," ungkap Siti Zamraini.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.