Dark/Light Mode

PILM Kabupaten Semarang

Perpustakaan, Media Integrasi Semua Ilmu Pengetahuan

Rabu, 16 November 2022 18:47 WIB
Talk Show Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat (PILM), di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Rabu (16/11). (Foto: Dok. Perpusnas)
Talk Show Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat (PILM), di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Rabu (16/11). (Foto: Dok. Perpusnas)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kecakapan literasi digital membuat masyarakat siap menghadapi pesatnya perkembangan ekonomi global. Meski terdapat gap antargenerasi dengan kemampuan adaptasi yang beragam, tetapi setiap generasi perlu dibekali dengan literasi digital. 

"Tidak hanya piawai digital saja, tetapi harus ada kemampuan lain yang mengiringi, yakni kemampuan literasi digital. Kecakapan inilah yang membantu masyarakat sebagai life skill,” ucap dosen psikologi dari Universitas Diponegoro Imam Setyawan, dalam Talk Show Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat (PILM), di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Rabu (16/11).

Meski demikian, lanjutnya, kita tetap memerlukan regulasi atau perangkat hukum yang mengatur "kehidupan" dunia maya. Sehingga dapat memanfaatkan perkembangan dunia digital ke arah yang lebih positif. 

Baca juga : Majukan Peradaban, HNW Dukung Konferensi Internasional Islamic Center

Keniscayaan perpustakaan untuk bertransformasi menjadi berbasis digital bukan semata-mata untuk mengikuti laju teknologi informasi, tapi juga mendukung untuk perkembangan literasi. “Perpustakaan adalah media integrasi dari semua disiplin ilmu pengetahuan sekaligus menjadi solusi terbaik dari seluruh dimensi persoalan kehidupan,” ucap Wakil Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Semarang Joko Sriyono.

Dukungan legislatif terhadap pengembangan perpustakaan juga tidak main-main. Joko menjelaskan, setiap anggaran perpustakaan yang diajukan tidak pernah ditolak Dewan. Pihaknya menganggap perpustakaan merupakan bagian penting dalam pemerataan pendidikan. Bahkan, alokasi pengembangan perpustakaan desa juga sudah disiapkan.

Menurut Kepala Pusat Analisis Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Baca Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Adin Bondar, transformasi yang dilakukan perpustakaan bukan hanya menyasar pembaruan layanan menjadi digital. Tetapi juga fungsi lain yang lebih modern seperti, co-working space, market place, dan inisiator digital publishing.

Baca juga : Kembangkan PLTS Atap, 2 Perusahaan Indonesia Teken Kerja Sama Dengan 2 Perusahaan Jepang

Ketika perpustakaan sudah menjadi bagian penting dari kebutuhan hidup masyarakat, mau tidak mau transformasi juga mesti dilakukan agar kebermanfaatannya tetap terus dirasakan.

“Pemkab Semarang sepenuhnya mendukung pengembangan perpustakaan untuk bertransformasi khususnya untuk peningkatan layanan digital,” janji Bupati Semarang Ngesti Nugraha. 

Ke depan, lanjut Ngesti, perpustakaan perlu mengemas ilmu pengetahuan dalam bentuk multi media maupun video tutorial lain sehingga lebih mudah dipahami masyarakat. Dinas Kominfo juga mesti dikerahkan untuk mendukung pengembangan literasi digital.

Baca juga : Qori Kondang Muammar ZA Semarakkan Perayaan Maulid Nabi Warga Sagaranten Sukabumi

Sinergi merupakan kata yang pas ketika berbicara transformasi perpustakaan. Bagaimanapun, ada keterbatasan yang dimiliki perpustakaan. Pelibatan dinas lain diperlukan agar tugas perpustakaan menjadi ringan. “Perpustakaan dan berbagai stakeholder harus saling berintegrasi dalam mewujudkan ekosistem perpustakaan digital nasional,” terang Sekretaris Utama Perpusnas Ofy Sofiana.

Untuk mendukung pemenuhan akses bahan bacaan dan perluasan manfaat, Perpusnas memberikan satu unit mobil perpustakaan keliling yang bisa dipakai untuk meluaskan jangkauan pelayanan perpustakaan bagi masyarakat Kabupaten Semarang.

Yang tidak kalah pentingnya selain dukungan anggaran, menurut Kepala Perpustakaan UIN Salatiga Wiji Soewarno, adalah mengubah pola pikir masyarakat. Sama halnya dengan lingkungan sosial, perpustakaan pun sudah menjadi bagian dari ekosistem yang tumbuh dan berkembang. “Kata kunci bagi perpustakaan dan pustakawan ketika transformasi telah dilakukan adalah inovasi,” punkas Wiji.â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.