Dark/Light Mode

Kemendikbudristek Kuatkan Kolaborasi Dengan Komunitas Guru

Senin, 28 November 2022 15:53 WIB
Foto: Kemendikbudristek.
Foto: Kemendikbudristek.

 Sebelumnya 
Di acara yang sama, Plt. Kepala BKHM Anang Ristanto menyatakan, kolaborasi dan gotong royong para guru dan komunitas sebagai pemangku kepentingan Kemendikbudristek mempunyai peran penting dalam kemajuan pendidikan.

Melalui mereka berbagai program Kemendikbudristek dapat disampaikan dan diteruskan kepada masyarakat sekitar.

"Semoga lokakarya ini dapat menambah pengetahuan guru-guru yang hadir, dan bisa ditularkan kepada guru-guru lain di daerahnya sehingga Merdeka Belajar dapat terimplementasi dengan baik," harap Anang.

Selanjutnya, dia mengucapkan selamat hari guru kepada seluruh pendidik di Indonesia.

Baca juga : Sail Tidore Expo, Momen Stimulus Penguatan Perdagangan Antarpulau

"Semoga para guru dapat terus berinovasi dan semangat dalam mencerdaskan anak bangsa sebagai penerus tongkat estafet pembangunan Indonesia," tutur Anang.

Lokakarya Guru Berkarya, Guru Berdaya diikuti oleh 90 orang guru yang tergabung dalam Komunitas Kami Pengajar dari berbagai provinsi di Indonesia, mulai Aceh hingga Papua.

Selama mengikuti lokakarya, peserta mendapatkan berbagai materi, salah satunya tentang Platform Merdeka Mengajar (PMM).

Ruth Ayu Hapsari, Tim Pengembang PMM menyampaikan hingga kini sudah ada lebih dari 1,6 juta guru dan tenaga kependidikan yang mengakses PMM.

Baca juga : Pesan Mendikbudristek: Warga Pendidikan Harus Punya Kemampuan Tanggap Bencana

"Bahkan dari jumlah tersebut, tiga regional dari Komunitas Kami Pengajar yaitu Kalimantan, Bali-Nusa Tenggara, dan Maluku-Papua telah mendaftar di dalam PMM. Terima kasih atas kontribusinya, semoga regional lainnya juga dapat bergabung dalam PMM," ujar Ayu.

Salah satu Guru SMP Negeri 2 Manokwari, Provinsi Papua Barat Dolfanweik Hukom juga mengakui manfaat PMM. Guru yang menjadi ketua Komunitas Kami Pengajar regional Maluku-Papua ini sangat antusias mengikuti lokakarya. Dia merasa sangat beruntung berkesempatan mendapatkan ilmu dan menghadiri Puncak Peringatan HGN.

"Kami sangat terbantu dengan PMM, karena materi dan modulnya yang sangat detail sampai ke aksi nyata sungguh membantu kami dalam mengajar," tutur Dolfan.

Muchlisan Putra, Kepala SMA Sukma Bangsa, Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh turut mengucapkan Hari Guru.

Baca juga : Mendikbudristek Nadiem Makarim Tinjau Kerusakan Sekolah Akibat Gempa Di Cianjur

"Mari terus memberikan yang terbaik kepada anak didik kita. Kepada pemerintah semoga terus berinovasi dan menyejahterakan guru-guru serta mendesain kurikulum agar semakin baik demi generasi bangsa kita," ajak Muchlisan.

Sementara Irma Okto Kristiani, guru SDN Kertaharja 01, Kabupaten Tegal, Provinsi Jawa Tengah mengapresiasi Kemendikbudristek yang telah mengeluarkan program-program luar biasa bagi guru dan murid. Salah satunya, pengangkatan guru honorer menjadi ASN PPPK.

Dikatakan Irma, program tersebut mengobati keputusasaan dirinya yang berprofesi sebagai guru dengan usia yang sudah tidak bisa mengikuti seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.