Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jelang Puncak HBT di Merauke

Gus Halim: Desain Baru Pengelolaan Transmigrasi Tinggal Penetapan

Sabtu, 3 Desember 2022 11:03 WIB
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar. (Foto: Humas Kemendes PDTT)
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar. (Foto: Humas Kemendes PDTT)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) terus mengodok desain baru pengelolaan Program Transmigrasi di Indonesia.

Saat ini desain baru pengelolaan transmigrasi yang mengedepankan kolaborasi pentahelix antara pemerintah, masyarakat, swasta, akademisi, dan media, tinggal tahap finishing.

"Kami ingin Program Transmigrasi Ini tidak sekadar pengiriman peserta program ke kawasan baru yang disiapkan. Tetapi lebih dari itu sudah ada analisa terkait kesiapan infrastruktur, produk unggulan di kawasan tersebut, hingga bagaimana serapan pasar terkait produk unggulan yang dikembangkan. Dan ini harus menjadi program kolaboratif pentahelix yang melibatkan banyak kalangan," ujar Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar. 

Baca juga : Peringati HBT ke-72, Gus Halim Serahkan Sejumlah Penghargaan dan Bantuan

Hal ini disampaikannya di sela-sela rangkaian kegiatan Hari Bhakti Transmigrasi (HBT), di Kompleks Kemendesa PDTT, Jakarta, Jumat malam (2/12).

Untuk diketahui Kemendesa PDTT mengelar rangkaian kegiatan HBT ke-72 dengan berbagai acara menarik. Di antaranya kegiatan Istighotsah Kubro, jalan sehat, pagelaran wayang kulit dengan dalang cilik Ki Yusuf Anshori yang berkolaborasi dengan pelawak kondang Abah Kirun.

Selain itu, juga digelar Konser Amal untuk Korban Gempa Bumi Cianjur yang diisi launching Lagu Gasik (Transmigrasi Asik) oleh pencipta lagu kondang Abah Lala.

Baca juga : Terapkan Industri Hijau, 2 Unit Usaha APP Sinar Mas Sabet Penghargaan Tertinggi Kemenperin

Berbagai kegiatan tersebut menjadi rangkaian acara jelang puncak HBT 2022 yang akan digelar di Kabupaten Merauke, Papua Selatan, pada 12 Desember 2022.

Gus Halim mengatakan, Hari Bhakti Transmigrasi merupakan momentum menggelorakan kembali Program Transmigrasi.

Menurutnya Transmigrasi harus menjadi alternatif bagi upaya nyata dalam melakukan pemerataan pembangunan dan distribusi kesejahteraan bagi masyarakat.

Baca juga : APJII Optimis Bali Leaders Declaration Bakal Perkuat Ekonomi Dan Percepat Transformasi Digital Indonesia

"Bapak Presiden Jokowi berulang kali menegaskan bahwa upaya dalam melakukan pemerataan pembangunan merupakan salah satu concern utama pemerintah. Maka saat ini distribusi investasi tak lagi terpusat di Jawa, pun begitu dengan pembangunan Ibu Kota Nusantara merupakan bagian upaya untuk pemerataan pembangunan. Maka Transmigrasi pun semangatnya sama," katanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.