Dark/Light Mode

Dorong Kegiatan Ekonomi Masyarakat

Jokowi Pastikan Percepatan Pembangunan Rumah Warga Korban Gempa Cianjur

Senin, 5 Desember 2022 17:17 WIB
Presiden Jokowi didampingi Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengunjungi sejumlah wilayah terdampak gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat, Senin (5/12).  (Foto: Kemenko Perekonomian)
Presiden Jokowi didampingi Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengunjungi sejumlah wilayah terdampak gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat, Senin (5/12). (Foto: Kemenko Perekonomian)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi kembali mengunjungi sejumlah wilayah terdampak gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin (5/12). Dalam kunjungan tersebut, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto turut hadir mendampingi. 

Lokasi pertama yang dikunjungi adalah Posko Bantuan Paspampres Peduli Cianjur, Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur. Jokowi mengatakan, selain memberikan bantuan secara langsung, kedatangannya juga untuk memastikan bahwa pembangunan rumah bagi warga terdampak yang direlokasi dapat dimulai pada hari ini.

“Saya ke sini untuk memastikan bahwa pertama, yang relokasi hari ini dimulai pembangunannya,” ungkap Jokowi.

Baca juga : Jokowi Pastikan Pembangunan Rumah Warga Gempa Cianjur Dimulai

Untuk bantuan bagi rumah warga terdampak yang bukan relokasi akan diberikan mulai Kamis (8/12), setelah selesai proses verifikasi. Bantuan yang diberikan adalah Rp 50 juta untuk rumah yang rusak berat, Rp 25 juta untuk rumah yang rusak sedang, dan Rp 10 juta untuk rumah yang rusak ringan.

Dengan diberikannya bantuan bagi rumah yang rusak tersebut, Kepala Negara berharap, masyarakat bisa mulai beraktivitas membangun rumahnya. “Kita harapkan juga ada kegiatan masyarakat, ada kegiatan ekonomi, ada pergerakan ekonomi. Itu yang kita harapkan,” ujarnya.

Kunjungan dilanjutkan ke Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Falah, di Desa Jambudipa, yang merupakan salah satu lembaga pendidikan di Kabupaten Cianjur yang terkena dampak gempa bumi. Selanjutnya, Jokowi beserta rombongan meninjau progres pembangunan rumah tahan gempa di Desa Sirnagalih, yang akan dibangun 200 rumah tahan gempa bagi warga terdampak gempa Cianjur.

Baca juga : Pakai Jalur Darat, Jokowi Kembali Tinjau Penanganan Gempa Cianjur

“Ya ini adalah lokasi untuk relokasi yang pertama. Di sini segera dibangun kurang lebih 200 rumah, contohnya sudah ada yang rumah antigempa,” terangnya.

Selain di lokasi tersebut, Pemerintah juga menyiapkan pembangunan 1.600 rumah serupa di lokasi lainnya. Relokasi diprioritaskan bagi warga yang rumahnya berada di pusat gempa, terutama di Kecamatan Cugenang.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Iwan Suprijanto menjelaskan, rumah yang akan dibangun di lahan seluas 2,5 hektare tersebut dibangun dengan teknologi rumah tahan gempa atau Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA). Masing-masing rumah bertipe 36 dan dibangun di atas lahan 75 meter persegi.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.