Dark/Light Mode

PMJ-Relawan Turunkan Tim Trauma Healing Untuk Korban Gempa Cianjur

Kamis, 1 Desember 2022 14:38 WIB
Para Polwan Polda Metro Jaya melakukan trauma healing untuk anak-anak korban gempa Cianjur. (Foto: Dok. PMJ)
Para Polwan Polda Metro Jaya melakukan trauma healing untuk anak-anak korban gempa Cianjur. (Foto: Dok. PMJ)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Biro Sumber Daya Manusia (Karo SDM) Polda Metro Jaya (PMJ) Kombes Langgeng Purnomo melepas 60 personel untuk diturunkan membantu korban gempa Cianjur, di Lapangan Direktorat Kriminal Khusus (Ditkrimsus) Polda Metro Jaya (PMJ), Jakarta, Kamis (1/12). Tim tersebut terdiri atas 30 polwan PMJ, 19 personel tim trauma healing Polwan PMJ, 11 relawan Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI). Tim dipimpin AKBP Agustin Susilowaty, untuk melakukan aktivitas trauma healing di Posko Bakti PMJ, di RS Bhayangkara, Cianjur.

Wakil Ketua Pokja Bakti PMJ Cianjur Iver Mannosoh menerangkan, Tim Trauma Healing Polwan PMJ mengajak kurang lebih 80 anak bermain, bernyanyi dan melakukan aktivitas mewarnai. Beberapa anak masih merasa takut karena teringat akan peristiwa gempa, apalagi beberapa kali masih terjadi gempa susulan walaupun kecil.

“Keluhan lain warga korban bencana ialah mereka masih merasa tidak tenang karena gempa susulan. Selain itu warga juga masih memikirkan  rumah tinggal mereka yang rusak dan tidak dapat ditinggali lagi,” ujarnya.

Baca juga : Kemendes Gelar Istighosah dan Aksi Sosial untuk Gempa Cianjur

Polwan PMJ juga memberikan konseling kepada warga dengan metode hipnoterapi untuk merelaksasi korban bencana dan juga petugas lapangan. “Terdapat sekitar 20 orang yang ditangani polwan, dengan kisaran waktu 1/2 - 1 jam setiap orangnya,” tambah Iver Mannosoh.

Kaposko Relawan Bakti PMJ Cianjur Supriyanto menerangkan, rara relawan HIMPSI bersama Polwan PMJ juga memberikan konseling dengan metode hipnoterapi kepada para petugas lapangan yang juga merasa kelelahan, sehingga mereka pun dapat kembali merasa relaks, tenang dan menjadi lebih bugar.

“Beberapa petugas di lapangan seperti para bhabin, juga membutuhkan konseling karena meskipun mereka terdampak bencana, mereka harus tetap berdinas. Mereka masih tidak tenang ketika harus meninggalkan keluarganya dalam situasi yang terus terjadi gempa,” ujarnya.

Baca juga : Peradi Berikan Bantuan Bagi Korban Gempa Cianjur

Selain tim itu, sejak Selasa lalu, Relawan SiapBergerak bersama tim Brimob PMJ terus menjangkau kawasan yang terdampak cukup parah. Seperti wilayah Gasol, mengunjungi posko penampungan korban. Beberapa di antaranya ada yang terserang sesak napas, hipertensi, demam, batuk, dan pilek.

“Setelah melakukan pengecekan, Brimob dan relawan membantu warga dengan penanganan di tempat, tetapi juga membawa sebagian korban dengan gangguan berat, untuk segera dirawat di RS Bhayangkara, demi perawatan lanjutan,” ujar Pimpinan Relawan SiapBergerak Zaky Ramadhan.

Salah satu korban yang ditemui Relawan SiapBergerak ialah perempuan yang memiliki 5 orang anak, yang saat bencana gempa telah merenggut 3 orang anaknya. Ibu itu mengalami pembengkakan di lutut akibat terkena benda tajam, juga mengalami bocor kepala, serta luka pada jari-jari tangan, akibat reruntuhan bangunan. “Relawan beserta dokter dan perawat membantu membuka jahitan kepala dan membersihkan luka pada jari-jarinya,” tambah Zaky Ramadhan.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.