Dark/Light Mode

Peradi Berikan Bantuan Bagi Korban Gempa Cianjur

Rabu, 30 November 2022 21:54 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) memberikan ribuan paket bantuan kepada korban gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat (Jabar).

Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Peradi Otto Hasibuan mengatakan, pihaknya memberikan paket bantuan berupa tikar plastik, selimut, handuk, peralatan mandi, sabun cuci, obat nyamuk, biskuit, sarung, popok bayi, dan bantal.

Bantuan itu kata Otto diserahkan langsung kepada korban gempa yang menempati posko pengungsian di Taman Prawatasari, Joglo, Cianjur.

"Kami datang dari Jakarta, ada juga dari Jakarta Timur, Barat, Selatan, Depok, Karawang, Bandung, dan Cibinong,” kata Otto di Cianjur, Rabu (30/11).

Otto menjelaskan, posko pengungsian di Taman ‎Perwatasari jadi tujuan, karena ada lebih dari 1.116 orang yang kehilangan tempat tinggal akibat bencana gempa dan tanah longsor.

Baca juga : Bamsoet Kembali Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur

Iamenyampaikan, aksi sosial ini merupakan salah satu misi ‎peduli kemanusiaan dari para pengurus dan advokat anggota Peradi yang tersebar di berbagai wilayah di Tanah Air.

Saat menyerahkan bantuan, Otto didampingi Sekretaris Jenderal DPN Peradi Hermansyah Dulaimi, Ketua Harian R. D‎wiyanto Prihartono, beserta jajaran pengurus DPN Peradi dan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Peradi Jakarta Barat, Jakarta Timur, Karawang, Bandung, hingga Sorong.

Bantuan tersebut secara simbolis diterima oleh Danramil 060801 Kapten ‎Dadang Sofyan juga selaku koordinator Posko Pengungsian Taman Prawatasari.

Usai menerima bantuan, Dadang menyampaikan terima kasih kepada DPN Peradi dan anggotanya yang telah memberikan bantuan kepada warga korban gempa.‎

Dalam kunjungan ini, Otto bersama jajaran juga sempat menilik salah satu tenda pengungsi. Mereka sontak antusias menyambut dan terlibat perbincangan.

Baca juga : Salim Segaf Pimpin Penyerahan Bantuan PKS Untuk Korban Gempa Cianjur

Lena, salah satu pengungsi mengaku masih trauma atas musibah yang menimpanya dan puluhan ribuan warga Cianjur lainnya. Warga Sawah Gede, Cianjur tersebut juga menyampaikan, ‎rumahnya hancur rata dengan tanah dan membuatnya harus hidup sementara di bawah tenda darurat.

Tak lupa, Lena menyampaikan terima kasih kepada DPN Peradu yang telah memberikan perhatian dan dukungan kepada para korban gempa.

Otto dan jajaran juga menyampaikan dukungan moril kepada para pengungsi untuk tetap semangat dan dukungan moril serta berharap segera pulih dari trauma dan memulai kehidupan.

“Harus tetap semangat ya Bu. Rumah boleh hancur, tetapi hati tidak boleh hancur. Percayalah Tuhan pasti akan menolong kita untuk bisa bangkit dan pulih dari musibah yang menimpa kita,” harapnya.

Otto dan rombongan selanjutnya mendatangi Posko pengungsian di Kecamatan Gekbrong, Cianjur. Di sana, Otto dan jajaran menyerahkan bantuan serupa untuk tiga desa, yakni ‎Cikahuripan, Cikancan, dan Cinta Asih.

Baca juga : SiapBergerak-Bhayangkari PMJ Kirim Relawan dan Bantuan Ke Cianjur

Selain menyerahkan bantuan, Otto dan jajaran juga sempat berbincang-bincang dengan para pengungsi. Ia mengatakan, para pengungsi menyampaikan bahwa masih ada warga yang dinyatakan hilang.

“Saya tanya, masih saudara atau tidak? Dia jawab, kami kalau di kampung itu semua saudara,” tuturnya. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.